Contoh RKH TK

RENCANA KEGIATAN HARIAN

 

KELOMPOK                 :  A 1

SEMESTER / MINGGU :   I/8

TEMA / SUB TEMA      :  Kebutuhanku/ Pakaian

 

Hari/ Tgl

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Metode

Alat/Sumber Belajar

Perkembangan Anak

Alat

Hasil

Selasa 28/9/11 Fisik (6 ) Melakukan gerakan senam

NAM (31) Berpakaian rapi di sekolah

Kog(13) Membedakan benda berdasarkan bentuk,warna, atau ukuran

Bhs(20) Menyebutkan kata-kata yg mempunyai suku kata awal yang sama

Fisik(38) Menjahit jelujur 10 lubang

S E (20) Mampu mengerjakan tugas sendiri

Bhs(17 ) Mengucapkan sajak dengan ekspresi

Senam Irama

I.  Kegiatan awal (30 menit)

-     Salam, do’a, absen

-     Bercakap-cakap tentang Berangkat sekolah berpakaian yang rapi

II.   Kegiatan inti (60 menit)

-     Area Matematika

Mengelompokkan kancing baju sesuai warna dan bentuknya

-     Area Bahasa

Menyebutkan kata yang diawali dengan ”ba’, lalu menebali huruf b

-     Area Seni

Menjahit baju dengan benang wol

III    Istirahat ( 30 menit)

-     Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan

-     Makan bersama

-     Bermain

IV    Kegiatan akhir (30 menit)

-    Mengucapkan syair ” baju baru ”

-     Diskusi kegiatan hari ini dan informasi esok hari

-     Do’a pulang, salam

- Bercerita

- Demontrasi

- Pemberian tugas

-Bercakap-cakap

-  Tape, kaset

-   Anak Peraga langsung

-   Kancing baju, mangkok

-   Baju, balon, buku, kertas Lembar kerja, pensil

-   Pola baju, benang

-          Air, serbet, Bekal

-   Anak  peraga langsung

Unjuk kerja

Observasi

Penugasan

Penugasan

Hasil karya

Observasi

Unjuk Kerja

1=fasya

3=wisnu, pipi, zulfa

1=pipi.mika, kholid

3=reyhan,wisnu,febi,Zulfa

1=fawzi,tia

3=nauval, febi, zaza

1=dini, mika,kolid

3=zulfa,eca,reyhan

1=selin,tia

3=felya, febi, zulfa

                                                                                

Senam Irama

  • Guru menyiapkan tape dan kaset
  • Guru memberi contoh gerakan senam
  • Anak menirukan gerakan senam
  • Anak mendemonstrasikan senam sesuai kemampuannya

Bercakap-cakap tentang Berangkat sekolah berpakaian yang rapi

  • Anak diajak bercakap-cakap tentang seragam sekolah yang di pakai hari ini
  • Salah satu anak disuruh maju kedepan kelas
  • Guru menanyakan kepada anak-anak tentang pakaian yang dipakai anak tersebut sudah rapi apa belum
  • Guru menjelaskan cara berpakaian yang rapi saat ke sekolah

Mengelompokkan kancing baju sesuai warna dan bentuknya

  • Guru menyediakan kancing baju yang akan di pakai
  • Anak memilah kancing baju yang sesuai dengan bentuk dan warnanya
  • Guru memberi penguatan kepada anak yang melakukan kegiatan dengan tepat

Menyebutkan kata yang diawali dengan ”ba’, lalu menebali huruf b

  • Guru menyiapkan benda-benda diatas meja ( balon, baju, buku, kertas)
  • Guru menyiapkan lembar kerja yang sesuai
  • Anak menyebutkan nama benda- benda yang disiapkan guru
  • Anak menyebutkan gambar yang mempunyai kata awal yang sama
  • Anak diminta untuk menebali kata depannya yang mempunyai kata awal yang sama

Menjahit  baju dengan benang wol

  • Guru menyiapkan alat-alat untuk menjahit
  • Guru memberi contoh menjahit
  • Anak menjahit bentuk gambar baju

Mengucapkan syair ” baju baru ”

  • Guru mengucapkan syair ” Baju Baruku”
  • Guru mengucapkan syair baris demi baris
  • Anak menirukan mengucapkan Syair baris demi baris
  • Anak mengucapkan syair tanpa bantuan guru

Asesment

Lembar Penilaian Unjuk kerja

” Senam Irama ”

( Fisik)

NO

NAMA

ASPEK YANG DINILAI

KETERLIBATAN

KELINCAHAN

Rubrik Penilaian

  1.  Keterlibatan

«                       : Tidak mau mengikuti kegiatan senam

««                   : Anak mau mengikuti senam dengan motivasi guru

«««                : Anak dapat mengikuti senam dengan baik

««««            : Anak mampu menirukan gerakan senam dengan baik

  1. Kelincahan

«                       : Tidak mau melakukan  senam

««                   : Anak dengan motivasi guru mau mengikuti senam dengan lincah

«««                : Anak dapat mau melakukan gerakan senam dengan lincah

««««            : Anak mampu melakukan gerakan senam dengan lincah

Asesment

Lembar Penilaian Observasi

”Bercakap-cakap tentang Berangkat sekolah berpakaian yang rapi”

 ( NAM)

NO

NAMA

ASPEK YANG DINILAI

KETERLIBATAN

KEAKTIFAN

KERAPIAN

Rubrik Penilaian

  1.  Keterlibatan

«                       : Anak diam saja

««                   : Anak mau terlibat percakapan dengan motivasi guru

«««                : Anak terlibat langsung dalam percakapan

««««            : Anak terlibat langsung dalam percakapan dan mampu menyebutkan cara berpakain yang rapi

  1. Keaktifan

«                       : Anak diam saja

««                   : Anak hanya mau terlibat percakapan dengan motivasi guru

«««                : Anak aktif dalam percakapan

««««            : Anak mampu dan aktif dalam menanggapi pertanyaan guru

  1. Kerapian

«                       : Dalam memakai seragam sekolah belum rapi

««                   : Dengan bantuan guru merapikan pakaian yang dipakai

«««                : Sudah rapi dalam memakai seragam sekolah

««««            : Mampu merapikan pakaian seragamnya sendiri dan dapat memakai sendiri dengan benar

Asesment

Lembar Penilaian Penugasan

”Mengelompokkan kancing baju sesuai warna dan bentuknya”

 ( Kognitif)

NO

NAMA

ASPEK YANG DINILAI

KETEPATAN

KEAKTIFAN

Rubrik Penilaian

  1.  Ketepatan

«                       : Belum tepat dalam mengelompokkan

««                   : Sudah tepat dalam mengelompokkan dengan motivasi guru

«««                : Sudah tepat dalam mengelompokkan kancing baju

««««            : Anak mampu mengelompokkan kancing baju berdasarkan warna dan bentuk

  1. Keaktifan

«                       : Anak diam saja

««                   : Anak hanya mau mengelompokkan kancing baju dengan motivasi guru

«««                : Anak aktif dalam kegiatan mengelompokkan kancing baju

««««            : Anak mampu dan aktif dalam melakukan kegiatan mengelompokkan kancing baju

 

About these ads

Tentang leoniya (nining)

special nothing...
Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag . Tandai permalink.

16 Balasan ke Contoh RKH TK

  1. BU FITRI berkata:

    TRIMS BU GURU

  2. bu,rkh Kebutuhanku/ minuman, makanan, dan kebersihan juga ada dong bu. tolong ya,bu. :)

  3. terima kasih bu atas info nya…

  4. Chusnul mauludiyah berkata:

    Bu tolong kirimi RKH model area kelompok A.
    di email ini adhitama53@gmail.com.

    Terima kasih

  5. emy rambu kuba yowi berkata:

    salam kenal,tolng kirimi RKH model BCCT,ke email rambuyowi@yahoo.com.
    terima kasih.

  6. sofi berkata:

    terima kasih mau berbagi. sangat membantu.

  7. mina berkata:

    makasih ya bu.masih ada lg tentang kebutuhanku

  8. comenk berkata:

    ibu guru cuantik dech

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s