Contoh PROTA untuk KLP B TK N Pembina Kawedanan Magetan

  1. A.  Nilai agama dan moral

Tingkat Capaian perkembangan

Capaian perkembangan

Indikator

1. Mengenal agama yng dianut

1.1. Mengenal macam-macam agama

1. Menyebut macam-macam agama yang ada di indonesia

2. Menyebutkan agama yang dianut

3. Menyanyikan lagu-lagu keagamaan

4. Bersyair yang bernafaskan agama

1.2. Mengenal tempat-tempat ibadah

5. Menyebutkan tempat-tempat ibadah

6. Menunjukan tempat-tempat ibadah

1.3. Mengenal kitab suci agama yang dianut

7. Menyebutkan macam-macam kitab suci

8. Menyebutkan nama kitab suci agama yang dianut

2. Membiasakan diri beribadah

2.1. Terbiasa melakukan ibadah sesuai aturan menurut keyakian

9. Menirukan gerakan ibadah sesuaia aturan menurut keyakinanya

10. Menyebutkan waktu beribadah

11. Melaksanakan kegiatan beribadah sesuai aturan menurut keyakinannya

2.2. Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan menurut keyakinannya

12. Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan

13. Menngenal dan mempraktekakan doa sehari-hari

3. Memahami perilaku mulia (jujur, penolong, sopan, hormat, dsb)

3.1. Terbiasa berperilaku sopan santun

14. Berbuat baik terhadap semua makhluk ciptaan Tuhan

15. Berbicara dengan sopan

16. Berbicara dengan ramah

17. Berpakaian rapi dan sopan

18. Selalu mengucapkan terimakasih jika memperoleh sesuatu

19. Membiasakan mengucapkan salam bila bertemu dengan orang lain

3.2. Terbiasa berperilaku saing hormat menghormati

20. Mendengarkan dan memperhatikan orang lain berbicara

21. Mau meminta dan memberi maaf

22. Menghormati teman dan orang lain yang lebih tua

23. Senang bermain dengan teman

3.3. Memiliki perilaku yang mulia

24. Bersikap jujur

25. Suka menolong orang lain

26. Saling membantu sesama teman

27. Mau bekerja sama

4. Membedakan perilaku baik dan buruk

4.1. Membedakan perbuatan baik dan buruk

28. Menyebutkan mana yang benar dan salah pada suatu persoalan

29. Menunjukan perbuatan-perbuatan yang benar dan yang salah

30. Menyebutkan perbuatan yang baik dan yang buruk

4.2. Melakukan kegiatan yang baik dan bermanfaat

31. Berlaku baik pada saat bermain atau melakukan kegiatan dengan orang lain

32. Berbuat baik terhadap sesama

33. Menjaga atau memelihara lingkunngan

34. Berperilaku hidup hemat

35. Membedakan dan menyayangi ciptaan Tuhan

5. Mengenal ritual da hari besar agama

5.1. Mengenal ritual dan hari besar agama

36. Menyebutkan hari-hari besar keagamaan

37. Mau terlibat dalam acara keagamaan

6. Menghormati agama orang lain

6.1. Menghormati agama orang lain

38. Menghormati teman yang sedanng melakukan kegiatan beribadah

39. Dapat hidup berdampingan dengan teman yang beragama lain

40. Menghormati perayaan hari besar agama lain

 

 

  1. B.  Sosial, Emosional, dan Kemandirian

Tingkat capaian perkembangan

Capaian perkembangan

Indikator

1. Bersikap kooperatif dengan teman

1.1. Bersikap kooperatif

1. Dapat melaksanakan tugas kelompok

2. Dapat bekerja sama dengan teman

3. Mau bermain denngan teman

2. Menunjukkan sikap toleran

2.1. Menunjukkan sikap toleran

4. Mau meminjamkan miliknya

5. Mau berbagi dengan teman

6. Saling membantu antara teman

3. Menekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang, sedih, antusias, dll)

3.1. Mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang, sedih, antusias, dll)

7. Sabar menunggu giliran

8. Mengendalikan emosi dengan cara yang wajar

9. Senang ketika mendapatkan sesuatu

10. Antusias ketika melakukan kegiatan yang diinginkan

4. Mengenal tata krama dan sopan santun sesuai denngan nilai sosial budaya setempat

4.1. Mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat

11. Memberi dan membalas salam

12. Berbicara dengan tidak berteriak

5. Memahami peraturan

5.1. Memahami peraturan

13. Datang kesekolah tepat waktu

14. Mentaati tata tertib sekolah

15. Mentaati tata tertib atau aturan di kelas

16. Mentaati peraturan sekolah

6. Menunjukkan rasa simpati

6.1. Menunjukkan rasa simpati

17. Menghibur teman yang sedih

18. Mendoakan teman yang sakit

7. Memiliki sikap gigih (tidak m. udah menyerah)

7.1. Memiliki sikap gigih (tidak mudah menyerah)

19. Melaksanakan tugas sendiri sampai selesai

20. Dapat menerima kritik

21. Berani bertanya dan menjawab pertanyaan

22. Bertanggung jawab akan tugasnya

8. Bangga terhadap hasil karya sendiri

8.1. Bangga tehadap hasil karya sendiri

23. Menunjukkan kebanggaan terhadap hasi karyanya sendiri

24. Memelihara hasil karyanya sendiri

9. Menghargai keunggulan orang lain

9.1. Menghargai keunggulan orang lain

25. Dapat memuji teman atau orang lain

26. Menghargai hasil karya orang lain

27. Menghargai keunggulan teman atau orang lain

 

 

  1. C.   BAHASA

Tingkat capaian perkembangan

Capaian perkembangan

Indikator

Menerima bahasa

  1. Mengerti perintah secara bersamaan

1.1. Memahami perintah secara bersamaan

1. Melakukan 3-5 perintah secara berurutan dengan benar

2. Meniru kembali 4-5 urutan kata

3. Mendengarkan dan menceritakan kembali secara urut

2. Mengulang kalimat yang lebih kompleks

2.1. Mengulang kalimat yang lebih kompleks

4. Menceritakan pengalaman atau kejadian secara sederhana dengan urut

5. Meniru kalimat sederhana

6. Mengulang kalimat yang telah didengarnya

3. Memahami aturan dalam suatu permainan

3.1. Memahami aturan dalam suatu permainan

7. Mengungkapkan aturan suatu permainan

8. Mentaati aturan permainan

♣ Mengungkapkan bahasa

1. Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks

1.1. Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks

9. Menunjukkan posisi suatu benda (diatas, dibawah, depan, belakang, dst)

10. Menjawab pertanyaan tentang pertanyaan atau informasi

11. Memberikan keterangan informasi tentang kejadian yang pernah dialami

12. Menjawab pertanyaan tentang apa, dimana, bagaimana, dsb

2. Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama

2.1. Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama

13. Membedakan macam-macam suara

14. Menyebutkan berbagai bunyi atau suara tertentu

15. Mengelompokkan macam-macam gambar yang memiliki bunyi yang sama

3. Beerkomunikasi  secata lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca

3.1. Memiliki perbendaharaan kata yang digunakan untuk berkomunikasi ssehari-hari dan untuk kesiapan membaca, menulis, berhitung

16. Mengelompokkan kata-kata yang sejenis

17. Membaca cerita bergambar yang memiiki kalimat yang sederhana

18. Bercerita tentang gambar yang disediakan atau dibuat sendiri

19. Menceritakan isi buku  dengan menunjukkan beberapa kata yang dikenalnya

20. Menyanyi lebih dari 20 lagu anak

21. Beerani bertanya secara sederhana

4. Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap

4.1. Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap

22. Bercerita menggunakan kata ganti aku, saya, kamu, dia, dsb

23. Menceritakan sesuatu yang diperoleh dari pengalaman

24. Membuat sajak sederhana

25. Bercerita tentang suatu kejadian secara sederhana

26. Memberi keterangan tentang suatu hal

5. Memiliki kata untuk mengekspresikan ide kepada orang lain

5.1. Memiliki lebih banyak kata untuk mengekspresikan ide kepada orang lain

27. Melengkapi kalimat sederhana yang sudah dimulai oleh guru (misalya : kemarin ibu pergi ke…..)

28. Mau mengungkapkan pendapat secara sederhana

29. Menceritakan gerak pantomim kedalam bahasa lisan

6. Melanjutkan sebagian cerita atau dongeng yang telah diperdengarkan

6.1. Melanjutkan sebagian cerita / dongeng yang telah diperdengar kan

30. Mendengarkan dan menceritakan kembali cerita secara urut

31. Mengurutkan dan menceritakan gambar seri

32. Melanjutkan cerita yang telah diperdengarkan oleh guru

33. Bercerita tentang gambar yang telah disediakan dengan menggunakan kata yang dibuat sendiri dengan urut dan bahasa yang jelas

Keaksaraan

1. Menyebutkan simbol atau huruf yang dikenali

1.1. Menyebutkan simbol –simbol huruf yang sudah dikenal

34. Menyebutkan huruf vokal dan konsonan

35. Menebali huruf

36. Membuat gambar atau coretan tentang cerita mengenai gambar yang dibuat sendiri

2. Mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya

2.1. Mengenal suara huruf awal dari nama benda yang ada di sekitarnya

37. Menyebutkan nama-nama benda yang suara hurufnya sama

3. Menyebutkan kelompk gambar yang mempuyai bunyi huruf awal yang sama

3.1. Menyebutkan kelompok gsmbsr yang memiliki bunyi atau huruf awal yang sama

38. Menyebutkan kata yang memilliki huruf awal yang sama dan suku akhir yang sama

39. Menghubungkan gambar dengan kata yang sesuai

4. Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf

4.1. Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf

40. Membaca gambar yang memiliki kata atau kalimat sederhana

41. Menceritakan isi buku walaupun tidak sama tulisannya dengan apa yang diungkapkan

42. Menghubungkan tulisan  sederhana dengan simbol yang melambangkannya

43. Membaca buku cerita bergambar yang memiliki kalimat sederhana dengan menunjukkan beberapa kata yang dikenalinya

44. Mengucapkan syair lagu, sambil diiringi senandung lagunya

5. Membaca nama sendiri

5.1. Membaca nama sendiri

45. Membaca nama sendiri dengan lengkap

6. Menulis nama sendiri

6.1. Menulis nama sendiri

46. Menulis nama sendiri denngan lengkap dan benar

  1. D.  KOGNITIF

Tingkat capaian perkembangan

Capaian perkembangan

Indikator

♣ Pengetahuan umum dan sains

1.Mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsinya

1.1. Mengenal benda berdasarkan fungsinya

1. Mengungkapkan kegunaan atau fungsi suatu benda

2. Menyebutkan dan menceritakan kegunaan suatu benda (air untuk minum, pensil untuk menulis, dll)

3. Menunjukkan dan mencari sebanyak-banyaknya benda berdasarkan fungsinya

1.2. Mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi

4. Mengelompokkan benda dengan berbagai cara menurut fungsinya (misal : peralatan makan, peralatan mandi, dll)

5. Memasangkan benda sesuai dengan pasanganya berdasarkan pada fungsinya (piring denga nasi, kaos kaki dengan kaki, baju dengan orang)

2.Menunjukkan aktifitasyang bersifat eksploratif dan menyidik (seperti apa yang terjadi ketika air ditumpahkan)

2.1. Anak dapat memahami konsep-konsep sains sederhana

6. Mencoba dan menceritakann apa yang terjadi jika warna dicampur

7. Mencoba proses pertumbuhan tanaman yang tumbuh dari biji-bijian, umbi-umbian, batang-batangan

8. Mencoba dan menceritakan balon ditiup lalu dilepaskan

9. Mencoba benda-benda dimasukkan ke dalam air (mengapung, melayang, tenggelam)

10. Mencoba dan menceritakan benda-benda yang dijatuhkan (gaya gravitasi)

11. Percobaan benda-benda didekatkan dengan magnet

12. Pengamatan dengan kaca pembeasr

13. Mencoba dan membedakan bermacam-macam bau, rasa, suara

3. Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilakukan

3.1. Memahami jenis perencanaan kegiatan yang akan dilakukan

14. Menunjukkan waktu yang dikaitkan dengan jam

15. Membedakan dan menyatakan waktu 9pagi, siang, malam)

 

3.2. Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilaksanakan

16. Mengetahui nama-nama hari dalam satu minggu

17. Mengetahui nama-nama bulan dalam satu tahun

18. Membuat rencana kegiatan yang akan dilakukan

3.3. Melaksanakan kegiatan yang sudah direncanakan

19. Menceritakan kegiatan sehari-hari

20.Melaksanakan tugasa atau rencana yang sudah disusun tepat pada waktunya

4. Mengenal sebab akibat tentang lingkungan (angin bertiup menyebabkan daun bergerak, air dapat menyebabkan sesuatu basah)

4.1. Mengenal konsep sebab akibat tentang kejadian di lingkunganya

21. Menceritakan sebab terjadinya suatu peristiwa di lingkungan (bajir, hujan, pelangi, dsb)

22. Mengungkapkan sebab akibat (mengapa sakit gigi, mengapa kita lapar)

23. Mengungkapkanasal mula terjadinya sesuatu( terjadinya susu, beras, dll)

5. Menunjukkan inisiatif dalam memilih tema permainan( seperti ayo kita bermain, pura-pura seperti burung)

5.1. Mengenal jenis permainan

24. Menyebutkan jenis permainan tradisional dan kontemporer

25. Mengungkapkan cara bermain dalam sebuah permainan

5.2. Anak mempunyai inisiatif dalam memilih tema permainan

26. Melakukan permainan tradisional

27. Melakukan permainan kontemporer

28. Bermain peran

29. Mengekspresikan gerakan sesuai dengan syair lagu atau cerita

30. Mengekspresikan gerakan dengan irama musik / lagu

6. Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari

6.1. Memecaahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari

31. Mengerjakan maze (mencari jejak) yang lebih kompleks (3-4 jalan)

32. Menyusun kepingan puzle menjadi bentuk utuh (lebih dari 8 kepingan)

33. Menunjukkan kejanggalan suatu gambar

34. Mampu mengambil keputusan secara sederhana

♣ Konsep bentuk, warna, ukuran, dan pola

 

 

1.Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran (lebih dari, kurang dari, dan paling/ter)

1.1. Mengenal perbedaan benda berdasarkan ukuran

35. Menyebutkan jenis-jenisukuran suatu benda

36. Mengukur panjang dengan langkah, jengkal, lidi, penggaris, meteran

1.2. Membedakan benda berdasarkan ukuran (lebih dari, kurang dari, dan paling / ter)

37. Membedakan dan membuat 2 kumpulan benda yang sama jumlahnnnya, tidak sama, lebih banyak, lebih sedikit

38. Mengenal perbedaan panjang pendek, jauh dekat, tebal tipis, dst

39. Membedakan berat benda dengan timbangan (buatan atau sebenarnya)

40. Mengisi dan menyebutkan isi wadah ( satu gelas, satu botol, dll yg diisi dengan air, biji-bijian dll)

2. Mengklasifikasikan benda brdasarkan warna, bentuk dan ukuran (tiga variasi)

2.1. Mengenal klasifikasi benda berdasarkan warna, bentuk, ukuran (3 variasi)

41. Menyebutkan berbagai macam benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran

42. Menunjukkan dan mencari benda, hewan, tanaman, yang mempunyai bentuk, warna, atau menurut ciri tertentu

2.2. Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, ukuran (3 variasi)

43. Mengelompokkan benda 3 dimensi (benda yang sebenarnya) menurut ciriciri tertentu (warna, bentuk, ukuran)

44. Mengelompokkan benda denga berbagai cara menurut ciri-ciri tertentu (warna, bentuk, ukuran)

2.3. Mengenal bentuk geometri

45. Menyebut dan menunjukan bentuk-bentuk geometri

46. Mengelompokan bentuk-bentuk geometri (lingkaran, segitiga, dll)

47. Menyebutkan dan menunjuk benda-benda yang berbentuk geometri

48. Memasangkan bentuk geometri  dengan benda 3 dimensi (benda sebenarnya) yg berbentuk geometri (lingkaran, segi tiga, dll)

3. Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan yang lebih dari 2 variasi

3.1. Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak dalam kelompoook yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan yang lebih dari 2 variasi

49. Memasangkan benda sesuai dengan pasanganya, jenisnya, persamaanya, bentuknya

50. Menunjukan, menngelompokan, benda yang jumlahnya sama, tidak sama, lebih banyak, lebih sedikit dari 2 kumpulan benda

51. Menyebutkan dan menceritakan perbedaan 2 buah benda

4. Mengenal pola ABCD ABCD

4.1. Mengenal berbagai macam pola

52. Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk lebih dari 3 pola yang berurutan (merah, putih, hijau)

53. Menyusun pola benda atau gambar berdasarkan pola yang sudah ditentukan

54. Meniru pola denngan  menggunakan berbagai benda

55. Meniru pola dengan menggunakan 4-8 kubus

5. Mengurutkan benda berdasarkan ukuran paling kecil ke paling besar atau sebaliknya

5.1. Mengenal konsep benda berdasarkan ukuran paling kecil ke paling besar atau sebaliknya

56. Menyebutkan urutan benda dari ukuran yang paling kecil ke yang paling besar atau sebaliknya

57. Mengurutkan benda dari ukuran yang paling kecil ke yang paling besar atu sebaliknya

5.2. Mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya

58. Menyusun benda dari besar ke kecil atau sebaliknya

59. Menyusun benda dari panjang pendek, atau sebaliknya

60. Menyusun benda dari rendah ke tinggi atau sebaliknya

♣ Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf

1.Menyebutkann ambang bilangan 1-10

1.1. Mengenal konsep bilangan dari 1-10

61. Menyebutkan urutan bilangan dari 1-10

62. Menunjukan lambang bilangan dari 1-10

63. Meniru lambanng bilangan 1-10

1.2. Memahami bilangan

64. Membuat urutan bilangan 1-20 dengan benda-benda

65. Membilang (mengenal konsep bilangan dengan benda) sampai 20

66. Menyebutkan hasil penjumlahan dan pengurangan dengan benda sampai dengan 10

2. Mencocokan bilangan dengan la,bang bilangan

2.1. Mencocokan bilangan dengan lambang bilangan

67. Mencocokan bilangan denan lambang bilangan

68. Menghubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan benda sampai 10

3. Mengenal berbagai macam lambanga huruf vokal dan konsonan

3.1. Mengenal berbagai macam lambang huruf vokal dan konsonan

69. Pengenalan huruf vokal dan konsonan

70. Mengenal lambang bilangan 1-20

71. Meniru berbagai lambang bilangan, huruf vokal dan konsonan

 

  1. E.   FISIK MOTORIK

Tingkat Capaian Perkembangan

Capaian Perkembanga

Indikator

♣ Motorik kasar

1.Menirukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, kelincahan dan keseimbangan

1.1. Menggerakan badan dan kaki dalam rangka keseimbangan, kekuatan, kelincahan, keseimbangan dan melatih keberanian

1. Berjalan pada garis lurus dengan atau tanpa beban

2. Berjalan diatas papan titian dengan atau tanpa beban

3. Berjalan maju atau mundur sambil berjinjit 2-3 m sambil membawa beban

4. Meloncat dari ketinggian 30-50-cm

5. Memanjat, bergantung, berayun

6. Berdiri dengan posisi tumit diatas dengn seimbang dalam 20 detik

7. Berlari sambil melompat dengan seimbang tanpa jatuh

8. Merayap dan merangkak dengan berbsgsi variasi

9. Bermain dengan simpai

10. Bermain lompat dengan karet

2. Melakukan koordinasi gerakan kaki, tangan, kepala dan melakukan tarian / senam

2.1. Melakukan koordinasi gerakan kaki, tangan, kepala, dalam melakukan tarian

11. Mengekspresikan berbagai gerakan sesuai dengan irama musik/ ritmik dengan lentur

12. Mengekspresikan diri dalam gerakan bervariasi dengan lentur dan lincah

13. Gerakan bebas dengan irama musik

14. Menari tradisional sesuai / menuruut musik yang didengar (magetan kumandang, jaranan, dll)

15. Menari kontemporer / modern sesuai dengan musik yang didengar (burung kutilang, lihat kebunku)

2.2. Melakukan koordinasi gerakan kaki, tangan, kepala dalam melakkukan senam

16. Senam fantasi menirukan gerakan binatang dengan lincah

17. Senam fantasi menirukan gerakan tanaman dengan lincah

18. Senam fantasi menirukan gerakan tertentu (pesawat terbang, petani mencangkul, dll)

19. Senam menurut musik yang didengar (senam sehat ceria, senam reog, dll)

3. Melakukan permainan fisik dengan teratur

3.1. Melakukan permainan fisik denngan teratur

20. Berenang

21. Menendang bola kedepan dan kebelakang

22. Bermain sepak bola

23. Melakukan permainan fisik (petak umpet, bintang alihan, dll)

24. Bertepuk tangan denggan 3 pola

4. Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri

4.1. Menggerakkan tangannya untuk kelenturan, kekuatan otot dan koordinasi

25. Melempar dan menangkap bola besar, sedang, kecil ±1-2 M

26. Memantulkan bola besar, sedang kecil (diam ditempat)

27. Mampu memantulkan bola besar, sedang, kecil, sambil berjalan ± 1-2 M

28. Mampu memantulkan bola besar, sedang, kecil dengan memutar badan , mengayun lengan dan melangkah

29. Mampu melambungkan dan menangkaap bola / kantong biji-bbijian (diam di tempat)

30. Mampu melambungkan bola / kantung biji (sambil berjalan / bergerak)

 

5. Melakukan kegiatan kebersihan diri

TRIAS UKS

5.1. Melakukan kegiatan kebersihan diiri (pendidikan kesehatan)

 

31. Mengurus dirinya sendiri tanpa bantuan (makan, mandi menyisir rambut, dll)

32. Membersihkan dirinya sendiri tanpa bantuan (mandi, buang air kecil, dll)

33. Menggosok gigi secara rutin

34. Menjaga kebersihan diri sendiri, kebersihan kuku, telinga

35. Membersihkan peralatan makan dan minum setelah digunakan

5.2. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah

36. Membuang sampah pada tempatnya

37. Membedakan sampah basah dan kering

38. Menanam tanaman untuk keindahan sekolah

39. Mengembalikan mainan pada tempat yang sudah disediakan

Motorik halus

1.Menggambar sesuai dengan gagasanya

1.1. Menggambar bebas

 

40. Menggambar bebas dengan menggunakan berbagai media (kapur tulis, pensil warna, crayon, spidol, arang dan bahan-bahan alam) dengan rapi

1.2. Menggambar dalam bentuk

41. Menggambar bebas dari bentuk dasar titik, lingkaran, segitiga, segi empat

42. Menggambar bebas didalam bentuk lingkaran, sei tiga, segi empat

43. Mencetak dengan berbagai media (jari/ finger painting, pelepah pisang, daun, dll) dengan lebih rapi

 

2. Meniru bentuk

2.1. Meniru bentuk

44. Meniru membuat garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran

45. Meniru melipat kertas sederhana (1-7 lipatan)

46. Meniru membuat bentuk 3 dimensi

47. Membuat bentuk lingkaran, segi tiga, bujur sangkar dengan rapi

48. Mencocok bentuk

3. Melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan

3.1. Menciptakan sesuatu dengan berbagai media

49. Meronce 2-3 pola dengan berbagai media (manik-manik, sedotan, merjan)

50. Menganyam dengan berbagai media (kertas, kain perca, dll)

51. Menciptakan 3 bentuk banngunan dari balok

52. Menciptakan 3 bentuk dari kepingan geometri

53. Menciptakan bentuk dengan lidi, korek api, stik es krim,dll

54. Menciptakan berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, tanah liat, dsb

55. Membatik dan jumputan dari kertas, tisu, dll

3.2. Bereksplorasi dengan berbagai media

56. Permainan warna dengan berbagi media ( dengan craayon, cat air, pensil warna, dll)

57. Membuat berbagai bunyi dengan alat membentuk irama

58. Membuat mainan dengan tehnik merobek, melipat, mmenempel

59. Mewarnai bentuk gambar sederhana dengan rapi

60. Mewarnai bentuk 3 dimensi dengan berbagi media

61. Melukis dengan berbagai media (pelepah pisang, daun, bulu ayam, dsb)

62. Melukis dengan jari (finger painting)

63. Membuat berbagai bentuk dari kertas, daun , kain, dll

4. Menggunakan alat tulis dengan benar

4.1. Menggunakan alat tulis dengan benar

64. Memegang pensil dengan benar ( antara ibu jari dan 2 jari)

65. Membuat berbagai macam coretan

66. Menulis lambang bilangan dan huruf

5. Menggunting sesuaai dengan pola

5.1. Menggunting sesuai dengan pola

67. Membuat mainan dengan tehnik menggunting, melipat dan menempel

68. Membuat mainan dengan tehnik menggunting, melipat, menempel menjadi bentuk 3 dimensi

69. Menggunting dengaan berbagai media berdasarkan bentuk / pola 9lurus, lengkung, zig-zag, dll)

6. Menempel gambar dengan tepat

6.1. Menempel gambar dengan tepat

70. Membuat gambar dengan tehnik kolase dengan berbagai media (kertas, ampas kelapa, bijibijian, dll)

71. Membuat gambar dengan tehnik mozaik dengan berbagai bentuk (lingkaran, segi tiga, dll)

72. Membuat gambar dengan tehnnnik montase dengan berbagai media (kertas koran, kain perca, dll)

7. Mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara detail

7.1. Gerakan menggambar secara detail

73. Menggambar sesuai pola

74. Menggambar orang ,binatang, tanaman ,benda dengan proporsional

Kesehatan fisik

1.Memiliki kesesuaian antara usia dengan berat badan

1.1. Memahami pertumbuhan dan perkembangan anak

75. Melakukan DDTK secara berkala

76. Melakukan penimbangan berat badan secara teratur

77. Mengukur berat badan dengan mennggunakan rumus (BB / U)

2. Memiliki kesesuaian antara usia dengan tinggi badan

2.1. Mengetahui kesesuaian antara usia dengan tinggi badan

78. Mengukur tinggi badan secara berkala

79. Mengukur lingkar kepala secara berkala

3. Memiliki kesesuaian antara tinggi dan berat badan

3.1. Memahami kesesuaian antara tinggi dan berat badan

80. Memahami DDTK anak usia TK

81. Melakukan DDTK secara berkala (pemberian makan tambahan secara rutin)

82. Pemeriksaan UKS / kesehatan secara rutin

 

About these ads

Tentang leoniya (nining)

special nothing...
Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Contoh PROTA untuk KLP B TK N Pembina Kawedanan Magetan

  1. Arifani berkata:

    Terimakasih Bu, bermanfaat banget buat Melengkapi tugas saya dan saya sebagai guru baru di TK .

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s