BAB II
LAPORAN KEGIATAN YANG DILAKUKAN
- Penyusunan Program Kegiatan
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom based action research) dimana dari masing-masing siklus saling berkaitan dan berkelanjutan.
1. Subyek Penelitian
Subyek penelitin ini adalah siswa Taman kanak-kanak Dharma Wanita Persatuan Tladan II kecamatan Kawedanan kabupaten Magetan dengan jumlah siswa 20 anak. Dengan dibantu kolaborator guru atau teman sejawat.
2. Pokok Bahasan Acuan
Konsep yang dipilih sebagai acuan implementasi tindakan kelas aspek kemampuan bahasa indikator 5 yang menyebutkan tentang mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita dengan sederhana.
Menurut pengamatan peneliti kesulitan siswa dalam mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita dengan sederhana karena selain media pendidikan alat peraganya tidak menarik juga disebabkan anak usia TK masih sulit untuk memusatkan perhatian dalam waktu yang cukup lama.
3. Bentuk Tindakan / Acting
Tindakan utama yang dilakukan adalah menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sederhana dann merevisi kesalahan / hambatan bagi penyelesaian cerita. Pengembangan cerita dimulai dari yang sederhana sampai pada yang kompleks.
4. Teknik Observasi / Observing
Observasi terhadap hasil tindakan secara berkelanjutan atau dilakukan dengan berbagai cara. Berarti dilakukan secara terus menerus baik dalam proses pembelajaran terutama ditujukan pada kemampuan nicmlcngarkan cerila dan inenccrilakan kembali isi ccrila dcngan sederhana.
5. Evaluasi / Refleksi
Evaluasi dilakukan terhadap hasil anak dalam menceritakan kembali isi cerita . Dari hasil evaluasi akan diketahui keefektifan alat peraga audio (rekaman) yang telah dibuat, untuk kemudian diadakan revisi yang akan diberikan pada siklus II dan III.
6. Pelaksanaan dan Penjadwalan
Untuk menyesuaikan kondisi pembelajaran penelitian dilakukan saat kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan penjadwalan sebagai berikut:
Kegiatan |
Waktu |
Persiapan |
10 menit |
Pelaksanaan Refleksi |
30 menit 10 menit. |
B. Penyajian/Pelaksanaan Pembelajaran
- Siklus 1 (Pertama)
Pada siklus pertama peneliti melakukan pembelajaran dalam satu kali tatap muka dengan alokasi waktu 40 menit dengan materi cerita “Kupu-kupu yang baik hati”.
- Perencanaan (Planning)
– Guru menyiapkan anak-anak duduk dalam kelompok.
– Guru bersama anak membicarakan alat peraga audio (rekaman) cerita “Kupu-kupu yang baik hati”.
– Guru menjelaskan tentang tujuan dari mendengarkan kaset rekaman cerita.
- Tindakan (Acting)
– Guru memutar kaset rekaman cerita “Kupu-kupu yang baik hati”.
– Murid mendengarkan dengan seksama.
– Guru memutar ulang kaset rekaman cerita “Kupu-kupu yang baik hati”.
- Pengamatan (Observing)
– Dalam kegiatan mendengarkan cerita dan merferitakan kembali isi cerita dengan bahasa sederhana, guru dan kolaborator mengamati siswa.
– Dalam menceritakan isi cerita “Tiga Ekor Kelinci” hasilnya kurang memuaskan. Kesulitan/hambatan yang dialami siswa ada beberapa siswa yang tidak lancar dalam menulis dengan ejaan yang benar.
- Refleksi (Reflekting)
Setelah mengobeservasi tindakan dalam proses belajar dan hasilnya kurang memuaskan, maka peneliti berusaha merevisi bentuk penilaian, karena belum serriua anak Tk bisa menulis dengan ejaan benar, maka penilaiannya yang terpenting kesesuaian isi cerita. Sedang struktur kalimat dan ejaan tidak menjadi pertimbangan.
- Siklus II (Kedua)
- Perencanaan (Planning)
– Guru menyiapkan siswa duduk dalam kelompok.
– Guru bersama anak membicarakan tentang alat peraga audio (rekaman) cerita “Bermain Layang-Layang”.
- Tindakan (Acting)
– Guru memutar kaset rekaman cerita “Bermain Layang-Layang”.
– Siswa mendengarkan dengan seksama.
– Guru memdtar ulang kaset rekaman cerita “Bermain Layang-Layang”.
- Pengamatan (Observing)
– Dalam kegiatan mendengarkan cerita peneliti dibantu kolaborator mendampingi dan mengamati siswa.
– Siswa menuliskan isi cerita tentang “Bermain Layang-Layang” dengan kata/kalimat sederhana, dengan cara memberi jawaban pada panduan pertanyaan tertulis dari-^um.
- Refleksi (Reflekting)
Setelah rnengobservasi tindakan dalam proses belajar mengajar dan hasil tes berupa lembar kerja yang berisi tentang isi cerita “Bermain Layang-Layang”. “Hasil tes sudah ada peningkatan. Namun untuk menguji keefektifan alat peraga audio (rekaman) dalam kegiatan mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sederhana maka diberikan siklus ketiga dengan cerita yang lebih komplcks.
- Siklus ketiga
- Perencanaan (Planning)
– Peneliti memberi salam kemudian mengabsen murid.
– Menyiapkan siswa duduk dalam kelompok.
– Peneliti dan siswa mernbicarakan lenlang maksud dan tujuan mendengarkan cerita “Hadiah Ulang Tahun”.
- Tindakan (Acting)
– Guru memutar kaset rekaman cerita “Hadiah Ulang Tahun”. Siswa mendengarkan dengan seksama.
– Guru memutar ulang kaset rekaman cerita “Hadiah Ulang Tahun”.
- Pengamatan (Observing)
– Dalam kegiatan mendengarkan cerita peneliti dan kolaborator mendampingi dan mengamati siswa.
– Siswa menuliskan tentang cerita ” Hadiah Ulang Tahun” dengan kata /kalimat sederhana, dengan menjawab pertanyaan panduan tertulis dari guru/peneliti.
- Refleksi (Reflektirfg)
Setelah mengobservasi tindakan dalam proses belajar mengajar kegiatan mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sederhana dengan alat peraga kaset rekaman, maka hasil yang didapat mengalami peningkatan. Dengan kata Iain siswa menikmati dan menyenangi kegiatan bercerita dengan bantuan kaset rekaman.
C. Penilaian Hasil Pembelajaran
- Bentuk Alat Ukur
Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes. Bentuk tes yang digunakan tes tertulis menceritakan kembali isi cerita dengan menjawab panduan pertanyaan.
- Bentuk Penilaian
Penilaian terhadap hasil tes dalam penelitian ini dilakukan dengan kriteria yang telah ditentukan peneliti, dimaksudkan untuk menghindari unsur kesubjektifitas. Adapun yang menjadi standar penilaian adalah kesesuaian isi cerita, sedangkan kriteria penilaian sebagai berikut :
10-11 kata yang sesuai dapat dinilai 80
8-9 kata yang sesuai dapat dinilai 70
6-7 kata yang sesuai dapat dinilai 60
4-5 kata yang sesuai dapat dinilai 50
2-3 kata yang sesuai dapat dinilai 40
1 kata yang sesuai dapat dinilai 30
Judul saja yang benar dapat dinilai 20
- Pelaksanaan dan Penjadwalan
Untuk menyesuaikan kondisi pembelajaran yang sedang berlangsung laju penelitian dilakukan dengan rincian sebagai berikut :
Tabel l
Kisi-Kisi Tes
Kegiatan siklus |
Waktu |
Kegiatan belajar |
Persiapan |
1 0 menit |
Menyiapkan alat peraga |
|
|
Mengatur tempat duduk |
Pelaksanaan |
20 menit |
Mendengarkan cerita yang telah diputar guru. |
Penilaian |
1 0 menit |
Murid mengerjakan tugas yang diberi guru |
BAB III
LAPORAN HASIL
Berikut ini adalah data hasil penelitian yang disusun per siklus :
NO |
NAMA ANAK |
KLP |
SKOR |
KET |
1 |
Amirul Hadi |
B |
60 |
|
2 |
Resma Bunga Fatimah |
B |
60 |
|
3 |
Astari Cahya Rani |
B |
50 |
|
4 |
Rendi Rahmadhani |
B |
30 |
|
5 |
Bareta Aga Yunirat |
B |
50 |
|
6 |
Tini Zenry Akane |
B |
40 |
|
7 |
Andhika Bagus |
B |
30 |
|
8 |
Dicky Noor A |
B |
50 |
|
9 |
Diki Ade Triatna |
B |
70 |
|
10 |
Dimas Adi Waluyo |
B |
50 |
|
11 |
Didin Waiudin |
B |
70 |
|
12 |
Ega Pradana |
B |
40 |
|
13 |
Fathur rohim |
B |
50 |
|
14 |
Galdeno Realen |
B |
50 |
|
15 |
Herga Dwi Pranata |
B |
40 |
|
16 |
Ilham Reza Dwi |
B |
50 |
|
17 |
Krisdiana K |
B |
40 |
|
18 |
Luki Eka |
B |
70 |
|
19 |
M. Amirul Mukminin |
B |
80 |
|
20 |
M. Bayu Akbar |
B |
70 |
|
|
|
|
|
|
Tabel 2
Hasil Tes Siklus I
No |
Skor |
Kriteria |
Jumlafi |
1 |
80 |
Benar 1 0 kata |
I |
2 |
70 |
Benar 8-9 kata |
4 |
3 |
60 |
Benar 6-7 kata |
2 |
4 |
50 |
Benar 4-5 kata |
7 |
5 |
40 |
Benar 2 — 3 kata |
4 |
6 |
30 |
Benar I kata |
2 |
1 |
20 |
JuduJ saja |
0 |
Berikut ini adalah hasil pengolahan data pada siklus II
NO |
NAMA ANAK |
KLP |
SKOR |
KET |
1 |
Amirul Hadi |
B |
80 |
|
2 |
Resma Bunga Fatimah |
B |
70 |
|
3 |
Astari Cahya Rani |
B |
50 |
|
4 |
Rendi Rahmadhani |
B |
30 |
|
5 |
Bareta Aga Yunirat |
B |
50 |
|
6 |
Tini Zenry Akane |
B |
40 |
|
7 |
Andhika Bagus |
B |
30 |
|
8 |
Dicky Noor A |
B |
50 |
|
9 |
Diki Ade Triatna |
B |
70 |
|
10 |
Dimas Adi Waluyo |
B |
60 |
|
11 |
Didin Waiudin |
B |
80 |
|
12 |
Ega Pradana |
B |
60 |
|
13 |
Fathur rohim |
B |
70 |
|
14 |
Galdeno Realen |
B |
50 |
|
15 |
Herga Dwi Pranata |
B |
60 |
|
16 |
Ilham Reza Dwi |
B |
70 |
|
17 |
Krisdiana K |
B |
60 |
|
18 |
Luki Eka |
B |
80 |
|
19 |
M. Amirul Mukminin |
B |
80 |
|
20 |
M. Bayu Akbar |
B |
80 |
|
|
|
|
|
|
Tabel 3
Hasil Tes Siklus II
No |
Skor |
Kritcria |
Jumlah |
1 |
80 |
Benar 1 0 kata |
5 |
2 |
70 |
Benar 8-9 kata |
3 |
3 |
60 |
Benar 6-7 kata |
4 |
4 |
50 |
Benar 4-5 kata |
4 |
5 |
40 |
Benar 2-3 kata |
2 |
6 |
30 |
Benar 1 kata |
1 |
7 |
20 |
Judul saja |
1 |
Berikut ini hasil pengolahan data pada siklus III
NO |
NAMA ANAK |
KLP |
SKOR |
KET |
1 |
Amirul Hadi |
B |
80 |
|
2 |
Resma Bunga Fatimah |
B |
80 |
|
3 |
Astari Cahya Rani |
B |
70 |
|
4 |
Rendi Rahmadhani |
B |
50 |
|
5 |
Bareta Aga Yunirat |
B |
70 |
|
6 |
Tini Zenry Akane |
B |
30 |
|
7 |
Andhika Bagus |
B |
50 |
|
8 |
Dicky Noor A |
B |
80 |
|
9 |
Diki Ade Triatna |
B |
70 |
|
10 |
Dimas Adi Waluyo |
B |
70 |
|
11 |
Didin Waiudin |
B |
80 |
|
12 |
Ega Pradana |
B |
70 |
|
13 |
Fathur rohim |
B |
70 |
|
14 |
Galdeno Realen |
B |
60 |
|
15 |
Herga Dwi Pranata |
B |
60 |
|
16 |
Ilham Reza Dwi |
B |
80 |
|
17 |
Krisdiana K |
B |
60 |
|
18 |
Luki Eka |
B |
80 |
|
19 |
M. Amirul Mukminin |
B |
80 |
|
20 |
M. Bayu Akbar |
B |
80 |
|
|
|
|
|
|
Tabel 4
Hasil Tes Siklus III
No |
Skor |
Kriteria |
Jumlah |
1 |
80 |
Benar 1 0 kata |
8 |
2 |
70 |
Benar 8-9 kata |
6 |
3 |
60 |
Benar 6-7 kata |
3 |
4 |
50 |
Benar 4-5 kata |
2 |
5 |
40 |
Benar 2-3 kata |
0 |
6 |
30 |
Benar 1 kata |
I |
7 |
20 |
Judul saja |
0 |
Dari perhitungan nilai di atas diketahui bahwa dari masing-masing siklus tejjadi peningkatan hasil belajar dalam kegiatan bercerita/menceritakan kembaii isi cerita dengan sederhana. Selanjutnya dapat diadakan perbandingan dengan prosentase nilai,
Prosentase nilai pada siklus I
Nilai 60 – 80 = 7/20 x 100% = 35%
Nilai 20 – 50 = 13/20x 100% = 65 %
Prosentase nilai pada siklus II
Nilai 60 – 80 = 12/20 x 100% = 60%
Nilai 20 – 50 = 8/20 x 100% = 40%
Prosentase nilai pada siklus III
Nilai 60 – 80 = 17/20 x 100% = 85%
Nilai 20 – 50 = 3/20x 100% = 15%
Berdasarkan perhitungan dan perbandingan dapat dikatakan bahwa alat peraga audio berupa kaset rekaman cerita dapat meningkatkan kemampuan anak dalatn menceritakan kembali isi cerita dengan sederhana pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Tladan II Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan
terima kasih infonya smoga bermanfaat bagi saya dan teman-teman saya.
SukaSuka