contoh PTK TK (ALAT PERAGA )

BAB II

LAPORAN KEGIATAN YANG DILAKUKAN

 

  1. Penyusunan Program Kegiatan

Penelitian   ini   menggunakan   rancangan   penelitian   tindakan   kelas (classroom based action research) dimana dari masing-masing siklus saling berkaitan dan berkelanjutan.

1.   Subyek Penelitian

Subyek penelitin ini adalah siswa Taman kanak-kanak Dharma Wanita Persatuan Tladan II kecamatan Kawedanan kabupaten Magetan dengan jumlah siswa 20 anak. Dengan dibantu kolaborator guru atau teman sejawat.

2.   Pokok Bahasan Acuan

Konsep yang dipilih sebagai acuan implementasi tindakan kelas aspek kemampuan bahasa indikator 5 yang menyebutkan tentang mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita dengan sederhana.

Menurut pengamatan peneliti kesulitan siswa dalam mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita dengan sederhana karena selain media pendidikan alat peraganya tidak menarik juga disebabkan anak usia TK masih sulit untuk memusatkan perhatian dalam waktu yang cukup lama.

3.   Bentuk Tindakan / Acting

Tindakan utama yang dilakukan adalah menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sederhana dann merevisi kesalahan / hambatan bagi penyelesaian cerita. Pengembangan cerita dimulai dari yang sederhana sampai pada yang kompleks.

4.   Teknik Observasi / Observing

Observasi terhadap hasil tindakan secara berkelanjutan atau dilakukan dengan berbagai cara. Berarti dilakukan secara terus menerus baik dalam proses pembelajaran terutama ditujukan pada kemampuan nicmlcngarkan cerila dan inenccrilakan kembali isi ccrila dcngan sederhana.

5.   Evaluasi / Refleksi

Evaluasi dilakukan terhadap hasil anak dalam menceritakan kembali isi cerita . Dari hasil evaluasi akan diketahui keefektifan alat peraga audio (rekaman) yang telah dibuat, untuk kemudian diadakan revisi yang akan diberikan pada siklus II dan III.

6.   Pelaksanaan dan Penjadwalan

Untuk menyesuaikan kondisi pembelajaran penelitian dilakukan saat kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan penjadwalan sebagai berikut:

Kegiatan

Waktu

Persiapan

10 menit

Pelaksanaan

Refleksi

30 menit

10 menit.

 

 

 

B. Penyajian/Pelaksanaan Pembelajaran

  1. Siklus 1 (Pertama)

Pada siklus pertama peneliti melakukan pembelajaran dalam satu kali tatap muka dengan alokasi waktu 40 menit dengan materi cerita “Kupu-kupu yang baik hati”.

  1. Perencanaan (Planning)

–       Guru menyiapkan anak-anak duduk dalam kelompok.

–       Guru bersama anak membicarakan alat peraga audio (rekaman) cerita “Kupu-kupu yang baik hati”.

–       Guru    menjelaskan   tentang   tujuan   dari   mendengarkan   kaset rekaman cerita.

  1. Tindakan (Acting)

–       Guru memutar kaset rekaman cerita “Kupu-kupu yang baik hati”.

–       Murid mendengarkan dengan seksama.

–       Guru memutar ulang kaset rekaman cerita “Kupu-kupu yang baik hati”.

  1. Pengamatan (Observing)

–       Dalam kegiatan mendengarkan cerita dan merferitakan kembali isi cerita dengan bahasa sederhana, guru dan kolaborator mengamati siswa.                                         

–       Dalam menceritakan isi cerita “Tiga Ekor Kelinci” hasilnya kurang memuaskan. Kesulitan/hambatan yang dialami siswa ada beberapa siswa yang tidak lancar dalam menulis dengan ejaan yang benar.

  1. Refleksi (Reflekting)

Setelah mengobeservasi tindakan dalam proses belajar dan hasilnya kurang memuaskan, maka peneliti berusaha merevisi bentuk penilaian, karena belum serriua anak Tk bisa menulis dengan ejaan benar, maka penilaiannya yang terpenting kesesuaian isi cerita. Sedang struktur kalimat dan ejaan tidak menjadi pertimbangan.

  1. Siklus II (Kedua)
    1. Perencanaan (Planning)

–       Guru menyiapkan siswa duduk dalam kelompok.

–       Guru  bersama  anak   membicarakan  tentang  alat  peraga  audio (rekaman) cerita “Bermain Layang-Layang”.

  1. Tindakan (Acting)

–       Guru memutar kaset rekaman cerita “Bermain Layang-Layang”.

–       Siswa mendengarkan dengan seksama.

–       Guru memdtar ulang  kaset  rekaman cerita “Bermain Layang-Layang”.

  1. Pengamatan (Observing)

–       Dalam kegiatan mendengarkan cerita peneliti dibantu kolaborator mendampingi dan mengamati siswa.

–       Siswa menuliskan isi cerita tentang “Bermain Layang-Layang” dengan kata/kalimat sederhana, dengan cara memberi jawaban pada panduan pertanyaan tertulis dari-^um.

  1. Refleksi (Reflekting)

Setelah rnengobservasi tindakan dalam proses belajar mengajar dan hasil tes berupa lembar kerja yang berisi tentang isi cerita “Bermain Layang-Layang”. “Hasil tes sudah ada peningkatan. Namun untuk menguji keefektifan alat peraga audio (rekaman) dalam kegiatan mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sederhana maka diberikan siklus ketiga dengan cerita yang lebih komplcks.

  1. Siklus ketiga
    1. Perencanaan (Planning)

–       Peneliti memberi salam kemudian mengabsen murid.

–       Menyiapkan siswa duduk dalam kelompok.

–       Peneliti   dan   siswa   mernbicarakan   lenlang  maksud   dan   tujuan mendengarkan cerita “Hadiah Ulang Tahun”.

  1. Tindakan (Acting)

–       Guru memutar kaset rekaman cerita “Hadiah Ulang Tahun”. Siswa mendengarkan dengan seksama.

–       Guru memutar ulang kaset rekaman cerita “Hadiah Ulang Tahun”.

  1. Pengamatan (Observing)

–       Dalam   kegiatan   mendengarkan   cerita   peneliti   dan   kolaborator mendampingi dan mengamati siswa.

–       Siswa menuliskan tentang cerita ” Hadiah Ulang Tahun” dengan kata /kalimat sederhana, dengan menjawab pertanyaan panduan tertulis dari guru/peneliti.

  1. Refleksi (Reflektirfg)

Setelah   mengobservasi   tindakan   dalam   proses   belajar   mengajar kegiatan mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sederhana dengan alat peraga kaset rekaman, maka hasil yang didapat mengalami peningkatan. Dengan kata Iain siswa menikmati dan menyenangi kegiatan bercerita dengan bantuan kaset rekaman.

 

C. Penilaian Hasil Pembelajaran

  1. Bentuk Alat Ukur

Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes. Bentuk tes yang digunakan tes tertulis menceritakan kembali isi cerita dengan menjawab panduan pertanyaan.

  1. Bentuk Penilaian

Penilaian terhadap hasil tes dalam penelitian ini dilakukan dengan kriteria yang telah ditentukan peneliti, dimaksudkan untuk menghindari unsur  kesubjektifitas.   Adapun  yang   menjadi   standar  penilaian   adalah kesesuaian isi cerita, sedangkan kriteria penilaian sebagai berikut :

    10-11 kata yang sesuai dapat dinilai  80

    8-9     kata yang sesuai dapat dinilai  70

    6-7     kata yang sesuai dapat dinilai 60

    4-5     kata yang sesuai dapat dinilai 50

    2-3     kata yang sesuai dapat dinilai 40

    1        kata yang sesuai dapat dinilai 30

    Judul saja yang benar dapat dinilai 20

  1. Pelaksanaan dan Penjadwalan

Untuk menyesuaikan kondisi pembelajaran yang sedang berlangsung laju penelitian dilakukan dengan rincian sebagai berikut :

Tabel l

Kisi-Kisi Tes

Kegiatan siklus

Waktu

Kegiatan belajar

Persiapan

1 0 menit

Menyiapkan alat peraga

 

 

Mengatur tempat duduk

Pelaksanaan

20 menit

Mendengarkan    cerita    yang    telah diputar guru.

Penilaian

1 0 menit

Murid mengerjakan tugas yang diberi guru

 


BAB III

LAPORAN HASIL

 

 Berikut ini  adalah data hasil penelitian yang disusun per siklus :

 NO

NAMA ANAK

 KLP

SKOR

KET

1

Amirul Hadi

B

60

 

2

Resma Bunga Fatimah

B

60

 

3

Astari Cahya Rani

B

50

 

4

Rendi Rahmadhani

B

30

 

5

Bareta Aga Yunirat

B

50

 

6

Tini Zenry Akane

B

40

 

7

Andhika Bagus

B

30

 

8

Dicky Noor A

B

50

 

9

Diki Ade Triatna

B

70

 

   10

Dimas Adi Waluyo

B

50

 

   11

Didin Waiudin

B

70

 

   12

Ega Pradana

B

40

 

   13

Fathur rohim

B

50

 

   14

Galdeno Realen

B

50

 

   15

Herga Dwi Pranata

B

40

 

   16

Ilham Reza Dwi

B

50

 

   17

Krisdiana K

B

40

 

  18

Luki Eka

B

                     70

 

  19

M. Amirul Mukminin

B

80

 

  20

M. Bayu Akbar

B

70

 

 

  

 

 

 

Tabel 2

Hasil Tes Siklus I

 

No

Skor

Kriteria

Jumlafi

1

       80

Benar 1 0 kata

       I

2

       70

Benar 8-9 kata

       4

3

       60

Benar 6-7 kata

       2

4

       50

Benar 4-5 kata

       7

5

       40

Benar 2 — 3 kata

       4

6

      30

Benar I kata

       2

1

      20

JuduJ saja

       0

 

 

 

Berikut ini adalah hasil pengolahan data pada siklus II

 

 NO

NAMA ANAK

 KLP

             SKOR

KET

1

Amirul Hadi

B

80

 

2

Resma Bunga Fatimah

B

70

 

3

Astari Cahya Rani

B

50

 

4

Rendi Rahmadhani

B

30

 

5

Bareta Aga Yunirat

B

50

 

6

Tini Zenry Akane

B

40

 

7

Andhika Bagus

B

30

 

8

Dicky Noor A

B

50

 

9

Diki Ade Triatna

B

70

 

   10

Dimas Adi Waluyo

B

60

 

   11

Didin Waiudin

B

                    80

 

   12

Ega Pradana

B

60

 

   13

Fathur rohim

B

70

 

   14

Galdeno Realen

B

50

 

   15

Herga Dwi Pranata

B

60

 

   16

Ilham Reza Dwi

B

70

 

   17

Krisdiana K

B

60

 

  18

Luki Eka

B

                    80

 

  19

M. Amirul Mukminin

B

80

 

  20

M. Bayu Akbar

B

80

 

 

    

 

            

 

 

Tabel 3

Hasil Tes Siklus II

No

Skor

Kritcria

Jumlah

1

          80

Benar 1 0 kata

      5

2

          70

Benar 8-9 kata

      3

3

          60

Benar 6-7 kata

      4

4

         50

Benar 4-5 kata

      4

5

         40

Benar 2-3 kata

      2

6

         30

Benar 1 kata

      1

7

         20

Judul saja

      1

 

Berikut ini hasil pengolahan data pada siklus III

 

 NO

NAMA ANAK

     KLP

       SKOR

 KET

1

Amirul Hadi

B

80

 

2

Resma Bunga Fatimah

B

80

 

3

Astari Cahya Rani

B

70

 

4

Rendi Rahmadhani

B

50

 

5

Bareta Aga Yunirat

B

70

 

6

Tini Zenry Akane

B

30

 

7

Andhika Bagus

B

50

 

8

Dicky Noor A

B

80

 

9

Diki Ade Triatna

B

70

 

   10

Dimas Adi Waluyo

B

70

 

   11

Didin Waiudin

B

            80

 

   12

Ega Pradana

B

70

 

   13

Fathur rohim

B

70

 

   14

Galdeno Realen

B

60

 

   15

Herga Dwi Pranata

B

60

 

   16

Ilham Reza Dwi

B

80

 

   17

Krisdiana K

B

60

 

  18

Luki Eka

B

            80

 

  19

M. Amirul Mukminin

B

80

 

  20

M. Bayu Akbar

B

80

 

 

            

 

            

 

 

 

 

                                                            Tabel 4

Hasil Tes Siklus III

No

Skor

Kriteria

Jumlah

1

           80

      Benar 1 0 kata

            8

2

           70

      Benar 8-9 kata

            6

3

           60

     Benar 6-7 kata

            3

4

           50

     Benar 4-5 kata

            2

5

           40

     Benar 2-3 kata

             0

6

          30

      Benar 1 kata

             I

7

          20

       Judul saja

           0

 

 

 

 

Dari perhitungan nilai di atas diketahui bahwa dari masing-masing siklus tejjadi peningkatan hasil belajar dalam kegiatan bercerita/menceritakan kembaii isi cerita dengan sederhana. Selanjutnya dapat diadakan perbandingan dengan prosentase nilai,

Prosentase nilai pada siklus I

 

Nilai 60 – 80 = 7/20 x 100% = 35%

Nilai 20 – 50 = 13/20x 100% = 65 %

 

           Prosentase nilai pada siklus II

Nilai 60 – 80 = 12/20 x 100% = 60%

Nilai 20 – 50 = 8/20 x 100% = 40%

 

 

          Prosentase nilai pada siklus III

Nilai 60 – 80 = 17/20 x 100% = 85%

Nilai 20 – 50 = 3/20x 100% = 15%

 

Berdasarkan perhitungan dan perbandingan dapat dikatakan bahwa alat peraga audio berupa kaset rekaman cerita dapat meningkatkan kemampuan anak dalatn menceritakan kembali isi cerita dengan sederhana pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Tladan II Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan     

Diterbitkan oleh

leoniya (nining)

guru TK yang selalu ingin berbagi tentang pendidikan anak usia dini, semoga bermanfaat

Satu komentar pada “contoh PTK TK (ALAT PERAGA )”

Tinggalkan komentar