Contoh RKH TK

RENCANA KEGIATAN HARIAN

 

KELOMPOK                 :  A 1

SEMESTER / MINGGU :   I/8

TEMA / SUB TEMA      :  Kebutuhanku/ Pakaian

 

Hari/ Tgl

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Metode

Alat/Sumber Belajar

Perkembangan Anak

Alat

Hasil

Selasa 28/9/11 Fisik (6 ) Melakukan gerakan senam

NAM (31) Berpakaian rapi di sekolah

Kog(13) Membedakan benda berdasarkan bentuk,warna, atau ukuran

Bhs(20) Menyebutkan kata-kata yg mempunyai suku kata awal yang sama

Fisik(38) Menjahit jelujur 10 lubang

S E (20) Mampu mengerjakan tugas sendiri

Bhs(17 ) Mengucapkan sajak dengan ekspresi

Senam Irama

I.  Kegiatan awal (30 menit)

–     Salam, do’a, absen

–     Bercakap-cakap tentang Berangkat sekolah berpakaian yang rapi

II.   Kegiatan inti (60 menit)

–     Area Matematika

Mengelompokkan kancing baju sesuai warna dan bentuknya

–     Area Bahasa

Menyebutkan kata yang diawali dengan ”ba’, lalu menebali huruf b

–     Area Seni

Menjahit baju dengan benang wol

III    Istirahat ( 30 menit)

–     Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan

–     Makan bersama

–     Bermain

IV    Kegiatan akhir (30 menit)

–    Mengucapkan syair ” baju baru ”

–     Diskusi kegiatan hari ini dan informasi esok hari

–     Do’a pulang, salam

– Bercerita

– Demontrasi

– Pemberian tugas

-Bercakap-cakap

–  Tape, kaset

–   Anak Peraga langsung

–   Kancing baju, mangkok

–   Baju, balon, buku, kertas Lembar kerja, pensil

–   Pola baju, benang

–          Air, serbet, Bekal

–   Anak  peraga langsung

Unjuk kerja

Observasi

Penugasan

Penugasan

Hasil karya

Observasi

Unjuk Kerja

1=fasya

3=wisnu, pipi, zulfa

1=pipi.mika, kholid

3=reyhan,wisnu,febi,Zulfa

1=fawzi,tia

3=nauval, febi, zaza

1=dini, mika,kolid

3=zulfa,eca,reyhan

1=selin,tia

3=felya, febi, zulfa

                                                                                

Senam Irama

  • Guru menyiapkan tape dan kaset
  • Guru memberi contoh gerakan senam
  • Anak menirukan gerakan senam
  • Anak mendemonstrasikan senam sesuai kemampuannya

Bercakap-cakap tentang Berangkat sekolah berpakaian yang rapi

  • Anak diajak bercakap-cakap tentang seragam sekolah yang di pakai hari ini
  • Salah satu anak disuruh maju kedepan kelas
  • Guru menanyakan kepada anak-anak tentang pakaian yang dipakai anak tersebut sudah rapi apa belum
  • Guru menjelaskan cara berpakaian yang rapi saat ke sekolah

Mengelompokkan kancing baju sesuai warna dan bentuknya

  • Guru menyediakan kancing baju yang akan di pakai
  • Anak memilah kancing baju yang sesuai dengan bentuk dan warnanya
  • Guru memberi penguatan kepada anak yang melakukan kegiatan dengan tepat

Menyebutkan kata yang diawali dengan ”ba’, lalu menebali huruf b

  • Guru menyiapkan benda-benda diatas meja ( balon, baju, buku, kertas)
  • Guru menyiapkan lembar kerja yang sesuai
  • Anak menyebutkan nama benda- benda yang disiapkan guru
  • Anak menyebutkan gambar yang mempunyai kata awal yang sama
  • Anak diminta untuk menebali kata depannya yang mempunyai kata awal yang sama

Menjahit  baju dengan benang wol

  • Guru menyiapkan alat-alat untuk menjahit
  • Guru memberi contoh menjahit
  • Anak menjahit bentuk gambar baju

Mengucapkan syair ” baju baru ”

  • Guru mengucapkan syair ” Baju Baruku”
  • Guru mengucapkan syair baris demi baris
  • Anak menirukan mengucapkan Syair baris demi baris
  • Anak mengucapkan syair tanpa bantuan guru

Asesment

Lembar Penilaian Unjuk kerja

” Senam Irama ”

( Fisik)

NO

NAMA

ASPEK YANG DINILAI

KETERLIBATAN

KELINCAHAN

Rubrik Penilaian

  1.  Keterlibatan

«                       : Tidak mau mengikuti kegiatan senam

««                   : Anak mau mengikuti senam dengan motivasi guru

«««                : Anak dapat mengikuti senam dengan baik

««««            : Anak mampu menirukan gerakan senam dengan baik

  1. Kelincahan

«                       : Tidak mau melakukan  senam

««                   : Anak dengan motivasi guru mau mengikuti senam dengan lincah

«««                : Anak dapat mau melakukan gerakan senam dengan lincah

««««            : Anak mampu melakukan gerakan senam dengan lincah

Asesment

Lembar Penilaian Observasi

”Bercakap-cakap tentang Berangkat sekolah berpakaian yang rapi”

 ( NAM)

NO

NAMA

ASPEK YANG DINILAI

KETERLIBATAN

KEAKTIFAN

KERAPIAN

Rubrik Penilaian

  1.  Keterlibatan

«                       : Anak diam saja

««                   : Anak mau terlibat percakapan dengan motivasi guru

«««                : Anak terlibat langsung dalam percakapan

««««            : Anak terlibat langsung dalam percakapan dan mampu menyebutkan cara berpakain yang rapi

  1. Keaktifan

«                       : Anak diam saja

««                   : Anak hanya mau terlibat percakapan dengan motivasi guru

«««                : Anak aktif dalam percakapan

««««            : Anak mampu dan aktif dalam menanggapi pertanyaan guru

  1. Kerapian

«                       : Dalam memakai seragam sekolah belum rapi

««                   : Dengan bantuan guru merapikan pakaian yang dipakai

«««                : Sudah rapi dalam memakai seragam sekolah

««««            : Mampu merapikan pakaian seragamnya sendiri dan dapat memakai sendiri dengan benar

Asesment

Lembar Penilaian Penugasan

”Mengelompokkan kancing baju sesuai warna dan bentuknya”

 ( Kognitif)

NO

NAMA

ASPEK YANG DINILAI

KETEPATAN

KEAKTIFAN

Rubrik Penilaian

  1.  Ketepatan

«                       : Belum tepat dalam mengelompokkan

««                   : Sudah tepat dalam mengelompokkan dengan motivasi guru

«««                : Sudah tepat dalam mengelompokkan kancing baju

««««            : Anak mampu mengelompokkan kancing baju berdasarkan warna dan bentuk

  1. Keaktifan

«                       : Anak diam saja

««                   : Anak hanya mau mengelompokkan kancing baju dengan motivasi guru

«««                : Anak aktif dalam kegiatan mengelompokkan kancing baju

««««            : Anak mampu dan aktif dalam melakukan kegiatan mengelompokkan kancing baju

 

Diterbitkan oleh

leoniya (nining)

guru TK yang selalu ingin berbagi tentang pendidikan anak usia dini, semoga bermanfaat

25 tanggapan untuk “Contoh RKH TK”

  1. Salam kenal Bund,,, Saya dr salah satu TK yg berdiri th.2013 d tanah bumbu kalsel, ini sangat mmbantu bagi kami yg baru belajar, trim’s ya bund,,, utk berbagi ilmu ny

    Suka

Tinggalkan komentar