RENCANA KEGIATAN HARIAN
KELOMPOK : A 1
SEMESTER / MINGGU : I/8
TEMA / SUB TEMA : Kebutuhanku/ Pakaian
Hari/ Tgl |
Indikator |
Kegiatan Pembelajaran |
Metode |
Alat/Sumber Belajar |
Perkembangan Anak |
|
Alat |
Hasil |
|||||
Selasa 28/9/11 | Fisik (6 ) Melakukan gerakan senam
NAM (31) Berpakaian rapi di sekolah Kog(13) Membedakan benda berdasarkan bentuk,warna, atau ukuran Bhs(20) Menyebutkan kata-kata yg mempunyai suku kata awal yang sama Fisik(38) Menjahit jelujur 10 lubang S E (20) Mampu mengerjakan tugas sendiri Bhs(17 ) Mengucapkan sajak dengan ekspresi |
Senam Irama
I. Kegiatan awal (30 menit) – Salam, do’a, absen – Bercakap-cakap tentang Berangkat sekolah berpakaian yang rapi II. Kegiatan inti (60 menit) – Area Matematika Mengelompokkan kancing baju sesuai warna dan bentuknya – Area Bahasa Menyebutkan kata yang diawali dengan ”ba’, lalu menebali huruf b – Area Seni Menjahit baju dengan benang wol III Istirahat ( 30 menit) – Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan – Makan bersama – Bermain IV Kegiatan akhir (30 menit) – Mengucapkan syair ” baju baru ” – Diskusi kegiatan hari ini dan informasi esok hari – Do’a pulang, salam |
– Bercerita
– Demontrasi – Pemberian tugas -Bercakap-cakap |
– Tape, kaset
– Anak Peraga langsung – Kancing baju, mangkok – Baju, balon, buku, kertas Lembar kerja, pensil – Pola baju, benang – Air, serbet, Bekal – Anak peraga langsung |
Unjuk kerja
Observasi Penugasan Penugasan Hasil karya Observasi Unjuk Kerja |
1=fasya
3=wisnu, pipi, zulfa 1=pipi.mika, kholid 3=reyhan,wisnu,febi,Zulfa 1=fawzi,tia 3=nauval, febi, zaza 1=dini, mika,kolid 3=zulfa,eca,reyhan 1=selin,tia 3=felya, febi, zulfa |
Senam Irama
- Guru menyiapkan tape dan kaset
- Guru memberi contoh gerakan senam
- Anak menirukan gerakan senam
- Anak mendemonstrasikan senam sesuai kemampuannya
Bercakap-cakap tentang Berangkat sekolah berpakaian yang rapi
- Anak diajak bercakap-cakap tentang seragam sekolah yang di pakai hari ini
- Salah satu anak disuruh maju kedepan kelas
- Guru menanyakan kepada anak-anak tentang pakaian yang dipakai anak tersebut sudah rapi apa belum
- Guru menjelaskan cara berpakaian yang rapi saat ke sekolah
Mengelompokkan kancing baju sesuai warna dan bentuknya
- Guru menyediakan kancing baju yang akan di pakai
- Anak memilah kancing baju yang sesuai dengan bentuk dan warnanya
- Guru memberi penguatan kepada anak yang melakukan kegiatan dengan tepat
Menyebutkan kata yang diawali dengan ”ba’, lalu menebali huruf b
- Guru menyiapkan benda-benda diatas meja ( balon, baju, buku, kertas)
- Guru menyiapkan lembar kerja yang sesuai
- Anak menyebutkan nama benda- benda yang disiapkan guru
- Anak menyebutkan gambar yang mempunyai kata awal yang sama
- Anak diminta untuk menebali kata depannya yang mempunyai kata awal yang sama
Menjahit baju dengan benang wol
- Guru menyiapkan alat-alat untuk menjahit
- Guru memberi contoh menjahit
- Anak menjahit bentuk gambar baju
Mengucapkan syair ” baju baru ”
- Guru mengucapkan syair ” Baju Baruku”
- Guru mengucapkan syair baris demi baris
- Anak menirukan mengucapkan Syair baris demi baris
- Anak mengucapkan syair tanpa bantuan guru
Asesment
Lembar Penilaian Unjuk kerja
” Senam Irama ”
( Fisik)
NO |
NAMA |
ASPEK YANG DINILAI |
|
KETERLIBATAN |
KELINCAHAN |
||
Rubrik Penilaian
- Keterlibatan
« : Tidak mau mengikuti kegiatan senam
«« : Anak mau mengikuti senam dengan motivasi guru
««« : Anak dapat mengikuti senam dengan baik
«««« : Anak mampu menirukan gerakan senam dengan baik
- Kelincahan
« : Tidak mau melakukan senam
«« : Anak dengan motivasi guru mau mengikuti senam dengan lincah
««« : Anak dapat mau melakukan gerakan senam dengan lincah
«««« : Anak mampu melakukan gerakan senam dengan lincah
Asesment
Lembar Penilaian Observasi
”Bercakap-cakap tentang Berangkat sekolah berpakaian yang rapi”
( NAM)
NO |
NAMA |
ASPEK YANG DINILAI |
||
KETERLIBATAN |
KEAKTIFAN |
KERAPIAN |
||
Rubrik Penilaian
- Keterlibatan
« : Anak diam saja
«« : Anak mau terlibat percakapan dengan motivasi guru
««« : Anak terlibat langsung dalam percakapan
«««« : Anak terlibat langsung dalam percakapan dan mampu menyebutkan cara berpakain yang rapi
- Keaktifan
« : Anak diam saja
«« : Anak hanya mau terlibat percakapan dengan motivasi guru
««« : Anak aktif dalam percakapan
«««« : Anak mampu dan aktif dalam menanggapi pertanyaan guru
- Kerapian
« : Dalam memakai seragam sekolah belum rapi
«« : Dengan bantuan guru merapikan pakaian yang dipakai
««« : Sudah rapi dalam memakai seragam sekolah
«««« : Mampu merapikan pakaian seragamnya sendiri dan dapat memakai sendiri dengan benar
Asesment
Lembar Penilaian Penugasan
”Mengelompokkan kancing baju sesuai warna dan bentuknya”
( Kognitif)
NO |
NAMA |
ASPEK YANG DINILAI |
|
KETEPATAN |
KEAKTIFAN |
||
Rubrik Penilaian
- Ketepatan
« : Belum tepat dalam mengelompokkan
«« : Sudah tepat dalam mengelompokkan dengan motivasi guru
««« : Sudah tepat dalam mengelompokkan kancing baju
«««« : Anak mampu mengelompokkan kancing baju berdasarkan warna dan bentuk
- Keaktifan
« : Anak diam saja
«« : Anak hanya mau mengelompokkan kancing baju dengan motivasi guru
««« : Anak aktif dalam kegiatan mengelompokkan kancing baju
«««« : Anak mampu dan aktif dalam melakukan kegiatan mengelompokkan kancing baju
TRIMS BU GURU
SukaSuka
sama – sama semoga bermanfaat ya bunda
SukaSuka
bu,rkh Kebutuhanku/ minuman, makanan, dan kebersihan juga ada dong bu. tolong ya,bu.
🙂
SukaSuka
ok sudah diposting coba buka deh
SukaSuka
terima kasih bu atas info nya…
SukaSuka
sama – sama semoga bermanfaat
SukaSuka
Bu tolong kirimi RKH model area kelompok A.
di email ini adhitama53@gmail.com.
Terima kasih
SukaSuka
sudah saya posting coba kalau g ada buka catatan nining makasih
SukaSuka
ASSALAMUALAIKUM, BU..BISA KIRIM KE E-MAIL SAYA G BU.?,PERLU BANGET NIII….
fauzonchandra@yahoo.com
SukaSuka
gimana kalau d copi aja. permintaan kirim email banyak banget
SukaSuka
salam kenal,tolng kirimi RKH model BCCT,ke email rambuyowi@yahoo.com.
terima kasih.
SukaSuka
sudah saya posting yah bunda
SukaSuka
terima kasih mau berbagi. sangat membantu.
SukaSuka
sama – sama
SukaSuka
makasih ya bu.masih ada lg tentang kebutuhanku
SukaSuka
ibu guru cuantik dech
SukaSuka
makasih …..
SukaSuka
makasih…..
SukaSuka
Salam kenal Bund,,, Saya dr salah satu TK yg berdiri th.2013 d tanah bumbu kalsel, ini sangat mmbantu bagi kami yg baru belajar, trim’s ya bund,,, utk berbagi ilmu ny
SukaSuka
salam kenal balik terimakasih dan alhamdulilah kita masih bisa berbagi
SukaSuka
salam kenal balik…boleh kok kenal via FB or twiter
SukaSuka
Pgn deh bisa ketemu.. Agar bisa sharing…
SukaSuka
share lewat email juga gpp kok, atau FB
SukaSuka
bu tolong kirimin RKH model connected & integrated dengan tema binatang dan spesifiknya kucing dong bu….lewat email ya bu cantik 🙂
intan.siburian@yahoo.co.id
SukaSuka
kok banyak yang minta kirim via email yah…..
SukaSuka