contoh abstraksi dan kata pengantar

ABSTRAK

 

Suratiningsih, 2012. Meningkatkan  Kreativitas  Menggambar Mealui Bimbingan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavioristik Pada Anak Kelompok B  TK Negeri Pembina Kawedanan Tahun Pelajaran 2011/2012.

Kata Kunci :      Kreativitas, Seni Menggambar , Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavioristik

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perkembangan kreativitas  siswa kelompok B dalam kegiatan menggambar dengan pendekatan behavioristik..

TK Negeri Pembina Kawedanan dipilih sebagai tempat penelitian dengan pertimbangan bahwa berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti dengan guru kelas, tidak semua siswa kelompok B memiliki kreativitas dalam menggambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan melalui tiga siklus pelaksanaan.

Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan hasil sebesar 30 % kreativitas,. Pada siklus II diperoleh hasil sebesar 50 % kreativitas. Sedangkan pada siklus III diperoleh hasil sebesar 80 % untuk kreativitas. Melalui hasil tersebut dapat dilihat bahwa ada peningkatan kreativitas menggambar pada setiap siklus.

Berdasarkan hasil penelitian yang disampaikan peneliti memberi saran sebagai upaya untuk mengembangkan kreativitas seni mewarnai, guru diharapkan mampu mengaplikasikan berbagai ketrampilan yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak dan materi pembelajaran yang akan disampaikan., penyampaian materi hendaknya melalui tahapan – tahapan mulai dari yang mudah sampai pada yang kompleks. Selain itu pembimbingan dengan memberikan motivasi dan stimulus yang tepat dapat meningkatkan kreativitas anak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

           Puji  dan syukur   penulis panjatkan ke khadirat  Allah SWT  karena rahmat dan hidayah NYA ,penulis dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah  dengan judul “Meningkatkan  Kreativitas Menggambar Melalui Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavioristik Pada Anak TK negeri Pembina Kawedanan Magetan.

           Karya tulis ilmiah ini  disusun dalam  upaya mengikuti diklat karya tulis ilmiah (KTI) yang diadakan Dinas Pendidikan Propinsi Jatim Tahun 2012. Adapaun pemilihan judul tersebut diatas disebabkan karena penulis mengamati bahwa dalam pendidikan anak usia dini dalam hal ini TK untuk meningkatkan kreativitas menggambar pada anak TK masih kurang maksimal. Sedangkan menggambar itu sendiri sangat penting karena menggambar adalah suatu kegiatan untuk mengekspresikan diri, selain itu kegiatan menggambar juga berfungsi sebagai tempat eksperimen dan eksplorasi bagi anak.

           Dan dengan alasan tersebut sangatlah tepat apabila penulis berusaha untuk meningkatkan kreativitas anak.  Akhir kata,  Semoga karya tulis ilmiah ini dapat dilaksanakan secara optimal , berhasil guna dan berdaya guna dalam meningkatkan kreativitas anak serta dapat menyiapkan generasi masa depan yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga memiliki kreativitas yang tinggi.

                                   

 

 

                                                                      Magetan 31 – 03 – 2012  

 

                                                                                    Penulis

 

 

 

Diterbitkan oleh

leoniya (nining)

guru TK yang selalu ingin berbagi tentang pendidikan anak usia dini, semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s