Rubrik Penilaian Kinerja Guru Kelas/ Mapel

RUBRIK PK-GURU MATA PELAJARAN / KELAS

I. PEDAGOGIK
Kompetensi Indokator Cara Menilai Rubrik Ket
1 Menguasai karakteristik peserta didik 1 Guru dapat mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya. Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru mempunyai daftar nama peserta didik.
2 Guru mempunyai data tentang kemampuan belajar peserta didik.
3 Guru mengetahui karakter masing-masing peserta didik (pendiam, ceria, aktif, pemalu, dll).
4 Guru mempunyai catatan identifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya.
5 Guru mengetahui latar belakang keluarga peserta didik.
6 Guru mempunyai catatan tentang peserta didik yang berprestasi.
7 Guru mengetahui peserta didik yang mempunyai kesulitan dalam belajar.

2 Guru memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru mengatur tempat duduk.
2 Guru berkeliling untuk mengamati kegiatan siswa.
Suara guru dapat didengarkan dengan jelas dalam pembelajaran di kelas.
3 Guru mengajukan pertanyaan secara acak dalam pembelajaran di kelas.
4 Guru menggunakan media pembelajaran yang dapat dilihat oleh seluruh peserta didik.
5 Guru melakukan pemeriksaan secara rutin bahwa semua peserta didik aktif melaksanakan tugas yang diberikan.
6 Guru memberi perhatian yang merata pada semua peserta didik.
7 Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya.
8 Guru memotivasi peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran.

3 Guru dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda. Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru memberikan alasan penempatan posisi tempat duduk di dalam kelas (karena : pendengaran, penglihatan kurang jelas atau perlu konsentrasi).
2 Guru mengatur tempat duduk siswa secara periodik.
3 Guru mengamati aktifitas peserta didik secara merata.
4 Guru memindah tempat duduk peserta didik yang melakukan kegiatan yang mengganggu proses belajar.

4 Guru mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru mempunyai catatan siswa yang selalu mengganggu peserta didik lain.
2 Guru mempunyai buku catatan kerawanan siswa.
3 Guru mempunyai buku bimbingan siswa yang bermasalah.
4 Guru mempunyai data peserta didik yang mengalami kejadian luar biasa dalam waktu dekat ini misal (kelahiran, kematian, ada yang sakit dalam keluarga).
5 Guru mempunyai catatan perkembangan prestasi siswa yang mengalami kejadian luar biasa dalam waktu dekat ini.
6 Guru mempunyai catatan cara mengatasi siswa yang mengalami kejadian luar biasa dalam waktu dekat ini (buku pembinaan siswa).
7 Guru mengetahui apakah ada siswa yang melakukan kegiatan lain yang diluar seharusnya.
8 Guru dapat mengatasi siswa yang melakukan kegiatan lain diluar proses belajar mengajar.
9 Guru mengetahui penyebab siswa yang melakukan penyimpangan perilaku saat proses belajar.

5 Guru membantu mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru mempunyai buku pembinaan siswa yang berprestasi dan kurang berprestasi dalam pembelajaran.
2 Guru mempunyai catatan kemajuan belajar siswa.
3 Guru mempunyai program remidi.
4 Guru mempunyai program pengayaan.
5 Guru mempunyai soal-soal untuk pengayaan dan remidi.
6 Guru mempunyai analisis hasil penilaian.
7 Guru mengidentifikasi analisis hasil penilaian untuk mengetahui potensi masing-masing peserta didik.
8 Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecakapan dan pola pikir yang dia miliki.
9 Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran untuk memunculkan daya kreatifitas dan kemampuan berfikir kritis peserta didik.
10 Guru membantu peserta didik dalam proses pembelajaran dengan memberikan perhatian kepada setiap individu.

6 Guru memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak termarginalkan (tersisihkan, diolok-olok, minder, dsb.) Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru mengetahui dikelas ada/tidak ada siswa yang mempunyai kelemahan fisik tertentu.
2 Guru mempunyai catatan prestasi siswa yang mengalami kelemahan fisik tertentu.
3 Guru mempunyai catatan tentang bakat, minat, potensi dan kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik yang mengalami kelemahan fisik.
4 Guru memotivasi siswa yang memiliki kelemahan fisik.
5 Guru memberikan pengarahan pada siswa yang lain agar memotivasi kepada siswa yang memiliki kelemahan fisik.
6 Guru memberi kesempatan yang sama kepada siswa yang memiliki kelemahan fisik untuk ambil bagian dalam tahapan proses pembelajaran.
7 Guru memberikan motivasi kepada siswa yang memiliki kelemahan fisik agar memiliki keberanian tampil di depan teman-temannya.

2 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip belajar yang mendidik 1 Guru memberi kesempatan pada peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi Pengamatan 1 Guru memberi kesempatan kepada semua peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya.
2 Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bervariasi.
3 Guru menggunakan berbagai strategi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran sebelumnya.
4 Guru mengenalkan topik yang akan dibahas dan menulis dipapan tulis.
5 Guru memberi apersepsi yang berkaitan dengan meteri sebelumnya untuk mengecek pemahaman siswa.
6 Guru memanfaatkan berbagai teknik untuk memberikan motivasi, kemauan belajar peserta didik melalui pemanfaatan berbagai teknik pembelajaran.
7 Guru menghubungkan hal-hal baru dengan pengetahuan awal yang dimiliki peserta didik.
8 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

2 Guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut Pengamatan 1 Guru memberi pertanyaan untuk mengecek pemahaman peserta didik.
2 Guru memberi pertanyaan yang merata kepada semua peserta didik untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa.
3 Guru memberikan bertanyaan berjenjang dari yang mudah ke yang sulit.
4 Guru memberikan studi kasus untuk didiskusikan.
5 Guru memerintahkan siswa untuk melaporkan hasil diskusi.
6 Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menerapkan apa yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
7 Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan materi yang dipelajarinya.
8 Guru mereview siswa terhadap materi pembelajaran apakah siswa sudah memahaminya atau belum.

3 Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan kegiatan /aktivitas yang dilakukan baik yang sesuai maupun yang berbedadengan rencana terkait keberhasilan pembelajaran. Pengamatan 1 Guru melaksanakan strategi pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran.
2 Guru menyusun RPP.
3 Guru membuat program penyaan.
4 Guru mengadakan evaluasi belajar.
5 Guru melaksanakan berbagai teknik pembelajaran.
6 Guru mengunakan metode pembelajaran sesuai tujuan pembelajaran.
7 Guru menguasai materi pelajaran yang disampaikan.
8 Guru mampu memanfaatkan tehnologi informasi dalam mengajar.

4 Guru menggunakan berbagai tehnik untuk memotivasi kemauan belajar peserta didik. Pengamatan 1 Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya.
2 Guru penyampaian informasi
3 Guru memberi tugas.
4 Guru mengadakan tanya jawab.
5 Guru menggunakan metode esuai dengan topik yang disajikan.
6 Guru memberikan kuis setelah menyampaikan materi pelajaran.
7 Guru mengadakan demonstrasi/ praktek dalam pembelajaran.
8 Guru penghargaan pada siswa yang berprestasi dalam pembelajaran.

5 Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling saling terkait satu sama lain,dengan mempr-erhatikan tujuan pembelajaran maupun proses belajar peserta didik. Pengamatan 1 Guru menyusun silabus.
2 Guru menyusun RPP.
3 Guru menuliskan tujuan pembelajaran
4 Guru memberikan pretes.
5 Guru mempaikan materi pelajaran.
6 Guru melakukan postes.
7 Guru membuat kesimpulan dari materi yang dijelaskan.
8 Guru menyusun program perbaikan dan pengayaan.

6 Guru memperhatikan respon peserta didik yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunaknya untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya Pengamatan 1 Guru memberi tugas tambahan.
2 Guru membantu memecahkan masalah kesulitan belajar.
3 Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya.
4 Guru menyusun program perbaikan.
5 Guru memberikan bimbingan khusus.
6 Guru memberikan motivasi belajar peserta didik.
7 Guru menanggapi respon peserta didik terhadap materi yang disampaikan.
8 Guru memotivasi siswa untuk mau belajar.

3 Pengembangan kurikulum 1 Guru dapat menyusun silabus yang sesuai dengan kurikulum Pengamatan 1 Guru menyusun program tahunan.
2 Guru menyusun program semester.
3 Guru mempunyai RPE.
4 Guru menuliskan indikator yang benar.
5 Guru menuliskan materi pembelajaran.
6 Guru menentukan alokasi waktu.
7 Guru menentukan metode pembelajaran.
8 Guru menentukan sumber /media pembelajaran yang tepat.

2 Guru merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu agar peserta didik Dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan Pengamatan 1 Guru menyususn RPP.
2 Guru menuliskan tujuan pembelajaran dalam RPP.
3 Guru menentukan materi ajar yang tepat.
4 Guru menerntukan langkah langkah pembelajaran.
5 Guru menanamkan nilai karakter.
6 Guru mengadakan evaluasi.
7 Guru membuat jurnal mengajar.
8 Guru mempunyai daftar nilai.

3 Guru mengikuti urutan materi pembelajaran dengan memperhatikan tujuan pembelajaran. Pengamatan 1 Materi pembelajaran yang disampaikan kepada peserta didik sesuai urutan dari hal yang mudah ke hal yang sulit atau kompleks.
2 Materi yang disampaikan ke siswa hendaknya dari hal yang khusus ke hal yang umum atau sebaliknya .
3 Tujuan materi yang disampaikan ke peserta didik sesuai dengan urutan KD pada setiap tahap pembelajaran.
4 Guru terus menerus memperhatikan daya daya derap peserta didik sesuai urutan tujuan KD pada setiap pembelajaran.
5 Guru cepat merespon daya serap peserta didik yang lemah dan KD yang belum dicapai
6 Guru membuat langkah-langkah pembelajaran.
7 Guru menyusun RPP.
8 Guru mengadakan evaluasi.

4 Guru memilih materi pembelajaran yang a) sesuai dengan tujuan pembelajaran,b) tepat dan mutakir,c) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan dan belajar pesertadidik,d) dapat dilaksanakan di kelas dan,e) sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta Pengamatan 1 Materi pembelajaran yang disampaikan ke peserta didik minimal memiliki satu tujuan pembelajaran atau satu KD.
2 Materi pembelajaran yang disampaikan ke peserta didik difokuskan pada tujuan pembelajaran sehingga sistem pembelajaran lebih terarah.
3 Tujuan materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
4 Tujuan materi pembelajaran dapat diterapkan berbagai permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.
5 Tujuan materi pembelajaran mudah dipahami oleh peserta didik.
6 Tujuan materi pembelajaran mudah dan sesuai dengan tingkat berfikir peserta didik.
7 Materi pembelajaran yang disampaikan dalam paket yang simpel, praktis dalam ruang, waktu dan efisien.
8 Materi pembelajaran disusun sesuai dengan konteks dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

4 Kegiatan belajar yang mendidik 1. Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah disusun secara lengkap dan pelaksanaan aktifitas tersebut mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang tujuan. Pengamatan 1 Guru memiliki silabus.
2 Guru memiliki RPP.
3 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
4 Guru mempunyai bahan ajar sesuai tujuan pembelajaran.
5 Guru mengajar sesuai urutan yang ada pada RPP.
6 Siswa memiliki buku pelajaran
7 Guru memiliki pemetaan SK/KD
8 Pada akir pembelajaran guru memberi pertanyaan yang isinya sesuai dengan tujuan.

2. Guru melaksanakan aktifitas pembelajaran yang bertujuan untuk membantu proses pembelajaran peserta didik, bukan untuk menguji sehingga membuat peserta didik merasa tertekan. Pengamatan 1 Guru menguasai berbagai model pembelajaran.
2 Guru menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan.
3 Guru menggunakan media pembelajaran yang menyenangkan.
4 Guru memberi pertanyaan pertanyaan dari yang mudah sampai menuju tujuan yang akan dicapai.
5 Guru memiliki program remidi.
6 Guru melaksanakan remidi.
7 Guru memberi kesempatan untuk membaca materi yang dibahas.
8 Guru mempunyai bahan ajar sesuai tujuan pembelajaran.

3. Guru mengkomunikasikan informasi baru (misalnya materi tambahan) sesuai usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik. Pengamatan 1 Guru memberi tugas terstruktur.
2 Guru memberi tugas tak terstruktur.
3 Guru memberi pertanyaan yang isinya mencari contoh contoh dalam kehidupan sehari hari.
4 Guru menyampaikan materi tambahan.
5 Guru memiliki program pengayaan.
6 Guru melaksanakan program pengayaan.
7 Guru memberi tugas supaya membuka internet dengan situs………

4 Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik sebagai tahapan proses pembelajaran,bukan semata-mata kesalahan yang harus dikoreksi. Misalnya: dengan mengetahui terlebih dahulu peserta didik lainya yang setuju/tidak setuju dengan jawaban tersebut, sebelum memberikan penjelasan tentang jawaban yang benar. Pengamatan 1 Guru selalu menerima jawaban dengan kata kata baik (baik jawaban benar atau salah).
2 Guru melemparkan pertanyaan tersebut kepada siswa lain.
3 Apabila jawaban salah guru memberi pertanyaan lain yang sifatnya membantu.
4 Guru memiliki program remidi.
5 Guru mengadakan remidi.
6 Guru meyimpulkan jawaban bersama sama dengan siswa lain.
7 Guru selalu memberi motivasi dalam belajarya peserta didik.
8 Apabila jawaban salah guru tidak marah.

5 Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengkaitkannya dengan kontek kehidupan sehari-hari peserta didik. Pengamatan 1 Guru mempunyai pemetaan SK/ KD.
2 Guru memiliki silabus.
3 Guru memiliki RPP.
4 Guru memberi pertanyaan yang isinya mencari contoh contoh dalam kehidupan sehari hari.
5 Guru memiliki bahan ajar.
6 Guru menggunakan LKS dalam kegiatan pembelajaran.
7 Guru menggunakan media pembelajaran.
8 Guru mengadakan post test.

6 Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran secara berwariasi dengan waktu yang cukup untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar dan mempertahankan perhatian peserta didik. Pengamatan 1 Guru menguasai berbagai model pembelajaran.
2 Guru menggunakan media pembelajaran.
3 Guru membagi kelompok kelompok dalam pembelajaran.
4 Guru selalu memperhatikan peserta didik.
5 Guru menggunakan berbagai metode pembelajaran.
6 Tidak ada siswa yang ketakutan.
7 Siswa tidak jenuh.
8 Kondisi kelas nyaman/ kondusif.

7 Guru mengelola kelas dengan efektif tanpa mendominasi atau sibuk dengan kegiatannya sendiri agar semua waktu dapat termanfaat secara produktif. Pengamatan 1 Guru tidak membawa buku atau bacaan lain yang tidak sesuai materi yang diajarkan.
2 Guru tidak menerima tamu selama dikelas.
3 Guru tidak mengoperasionalkan Hp selama dikelas.
4 Guru tidak membawa koran kedalam kelas.
5 Guru tidak mondar mandir meninggalkan kelas.
6 Guru tidak merokok di dalam kelas.
7 Guru selalu memperhatikan peserta didik.
8 Guru tidak banyak berbicara yang menyimpang dari materi.

8 Guru mampu menyesuaikan aktifitas pembelajaran yang dirancang dengan kondisi kelas Pengamatan 1 Guru memiliki RPP.
2 Guru menguasai berbagai model pembelajaran.
3 Guru mampu menggunakan metode pembelajaran yang sesuai di kelas itu.
4 Guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai dikelas itu.
5 Guru mampu menciptakan kondisi kelas yang kondusif.
6 Tidak ada siswa yang merasa takut.
7 Peserta didik aktif .
8 Tidak ada siswa yang ketiduran.

9 Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya, mempraktekan dan berinteraksi dengan peserta didik lain Pengamatan 1 Guru member problem/kasus terkait dengan materi pembelajaran.
2 Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanggapi/menjawab.
3 Guru memberi kesempatan untuk berdiskusi dengan teman sebangku/ kelompok.
4 Guru meminta untuk menyampaikan pendapat/hasil diskusi/mempresentasikan.
5 Guru meminta siswa lain untuk menanggapi/ bertanya.
6 Guru meminta untuk diperagakan/ mempraktekan.
7 Guru meminta siswa untuk berbagi pengalaman.
8 Guru meminta dalam menyelesaikan permasalahan dalam proses pembelajaran saling membantu.

10 Guru mengatur pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara sistimatis untuk membantu proses belajar peserta didik. Sebagai contoh menambah informasi baru setelah mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya. Pengamatan 1 Guru menentukan metode /pendekatan pembelajaran.
2 Guru mempunyai sintak pembelajaran terkait dengan metode yang digunakan.
3 Guru mengatur peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
4 Guru menanyakan Tugas kalau ada.
5 Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan metode / pendekatan yang digunakan.
6 Guru melangkapi/ memberi penguatan tentang materi.
7 Guru menambah informasi baru/penting.
8 Guru memberi tugas rumah.

11 Guru menggunakan alat bantu mengajar, dan / atau audiovisual (termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pengamatan 1 Guru menuliskan Alat bantu yang digunakan dalam RPP.
2 Guru menyiapkan alat bantu mengajar.
3 Guru Menggunakan alat bantu sesuai dengan bahan ajar.
4 Guru memanfaankan alat bantu sesuai dengan sifat dan karakter materi pembelajaran.
5 Dengan alat bantu peserta didik terlihat termotivasi.
6 Dengan alat bantu peserta didik kelihatan lebih aktif dalam pembelajaran.
7 Guru melibatkan siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar.
8 Guru memberi tugas via email.

5 Pengembangan Potensi Peserta didik 1 Guru menanalisis hasil belajar berdasarkan segala bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik untuk mengetahui tingkat kemajuan masing-masing. Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru mempunyai format Analisis hasil belajar.
2 Guru mempunyai rekapan Nilai Ulangan Harian/ Semester.
3 Guru mempunyai Daftar Nilai peserta didik.
4 Guru melaksanakan analisis hasil belajar.
5 Guru mempunyai Daftar Nilai Kelompok atas.
6 Guru mempunyai Daftar nilai kelompok bawah.
7 Guru mempunyai program remidi.
8 Guru mempunyai daftar nilai hasil remidi.
9 Guru mempunyai program pengayaan.
10 Guru mempunyai Daftar nilai hasil pengayaan.
11 Guru mempunyai daftar nilai tugas individu/kelompok.

2 Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecakapan dan pola belajar masing-masing. Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru mempunyai RPP.
2 Guru menentukan metode/pendekatan belajar.
3 Dalam RPP Guru menuliskan langkah –langkah pembelajaran (sintak)
4 Guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah. (sintak).
5 Guru menggunakan metode yang variatif.
6 Guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai.
7 Guru mengajar sesuai dengan kontek.
8 Guru memberi kesempatan peserta didik untuk mengeksplor kemampuan yang dimiliki.

3 Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran untuk memunculkan daya kreatifitas dan kemampuan berpikir peserta didik Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru mempunyai RPP.
2 Guru menentukan metode/pendekatan belajar.
3 Dalam RPP Guru menuliskan langkah –langkah pembelajaran (sintak).
4 Guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan sintak.
5 Guru menggunakan metode yang variatif.
6 Guru melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual.
7 Guru melaksanakan pembelajaran yang meningkatkan tumbuhnya sikap positif. Misal : Kerja sama, saling menghormati, kritis dll.
8 Guru Menggunakan alat bantu sesuai dengan bahan ajar.

4 Guru secara aktif membantu peserta didik dalam proses pembelajaran dengan memberikan pembelajaran pada setiap individu Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru menyajikan materi dengan jelas.
2 Guru aktif mendekati siswa / kelompok .
3 Guru aktif memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan.
4 Guru aktif membatu kesullitan siswa secara individu maupun kelompok.
5 Guru bersikap adil dalam melayani siswa.
6 Guru selalu menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi.
7 guru menunjukan respon terbuka terhadap aktivitas siswa.
8 Guru menunjukkan hubungan pribadi yang kondusif.

5 Guru dapat mengidentifikasi dengan benar tentang bakat, minat, potensi dan kesulitan belajar masing-masing peserta didik. Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru mempunyai daftar nama peserta didik.
2 Guru mempunyai biodata peserta didik
3 Guru mempunyai Catatan kusus tentang perkembangan hasil belajar peserta didik
4 Guru mempunyai daftar siswa kelompok atas dan kelompok bawah
5 Guru mempunyai daftar nilai Hasil pengayaan
6 Guru mempunyai daftar nilai hasil remidi
7 Guru mempunyai catatan kerawanan siswa
8 Guru mempunyai catatan kesulitan belajar peserta didik

6 Guru memberikan kesempatan belajar kepada peserta didik sesuai dengan cara belajarnya masing-masing. Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru mempunyai data cara belajar peserta didik.
2 Guru mempunyai pemetaan cara belajar peserta didik.
3 Guru menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan cara belajar peserta didik.
4 Guru menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran.
5 Guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan cara belajar peserta didik.
6 Guru menggunakan media pembelajarn yang sesuai dengan karakteristik materi pelajaran yang diberikan.
7 Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menggunakan media pembelajaran.
8 Guru membantu siswa menggunakan media pembelajaran .
9 Guru membantu siswa menyimpulkan pengamatan yang dilakukan bila pembelajarannya menggunakan metode eksperimen.
10 Guru memiliki instrument penilaian yang sesuai dengan cara belajarn siswa.
11 Guru memiliki hasil penilaian yang sesuai dengan cara belajar siswa.

7 Guru memusatkan perhatian kepada interaksi dengan peserta didik dan mendorongnya untuk memahami dan menggunakan informasi yang disampaikan. Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru menggunakan metode mengajar yang sesuai dengan materi pelajaran yang disajikan.
2 Guru memiliki referensi model-model pembelajaran kooperatif yang mengutamakan interaksi dengan siswa.
3 Guru menggunakan model pembelajaran kooperatif yang sesuai dengan karakteristik materi yang diajarkan yang mengutamakan interaksi dengan siswa.
4 Guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi pelajaran yang memudahkan interaksi dengan siswa.
5 Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya apabila masih ada materi yang belum dipahami.
6 Guru merespon pertanyaan siswa dengan melempar ke siswa lain.
7 Guru memberi latihan sebagai feedback terhadap materi yang diajarkan
8 Guru membahas pertanyaan siswa secara bersama
9 Guru memberi kesempatan pada siswa untuk mengerjakan atau menjawab setiap latihan yang diberikan.
10 Guru memberi kesempatan pada siswa lain untuk mengkoreksi hasil/jawab siswa yang mengerjakan.
11 Guru membuat kesimpulan bersama-sama dengan siswa.

6 Komunikasi dengan peserta didik 1 Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik,termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka. Pengamatan 1 Guru memberi pertanyaan untuk memotivasi siswa di awal pembelajaran.
2 Pertanyaan menggunakan kata tanya” bagaimana, menurut pendapatmu, coba jelaskan, pernahkan kalian mendengar, apa yang kamu ketahui tentang” atau yang lain.
3 Pertanyaan tidak menggunakan kata-kata yang mempunyai arti terlalu luas agar tidak menimbulkan persepsi yang bermacam-macam.
4 Pertanyaan menggunakan kalimat yang cepat dimengerti oleh siswa.
5 Pertanyaan tidak menyimpang dari materi yang diajarkan
6 Hindari pertanyaan yang bersifat oratoris
7 Pertanyaan mengandung kalimat yang dapat menimbulkan partisipasi peserta didik
8 Pertanyaan tidak mengandung makna ganda sehingga menimbulkan siswa menjadi bingung.
9 Pertanyaan dimulai dari yang mempunyai tingkat kesukaran rendah ke tinggi.
10 Setelah kegiatan inti guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
11 Guru menggunakan pertanyaan untuk membuat kesimpulan bersama siswa.

2 Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan peserta didik ,tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasikan pertanyaan/tanggapan tersebut. Pengamatan 1 Guru memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya terhadap materi yang belum dipahami.
2 Guru memberikan perhatian yang sama semua pertanyaan siswa tanpa pilih kasih antara siswa yang pandai dan tidak.
3 Guru mengidentifikasi semua pertanyaan dari siswa.
4 Guru memberikan respon positif terhadap pertanyaan atau tanggapan siswa.
5 Guru memberi kesempatan pada siswa lainnya untuk menanggapi pertanyaan temannya.
6 Guru mengarahkan pertanyaan siswa yang belum dimengerti oleh siswa lain 7.

3 Guru menanggapi pertanyaa peserta didik secara tepat,benar dan mutakir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurukulum, tanpa mempermalukannya. Pengamatan 1 Guru benar-benar menguasai materi yang akan diajarkan.
2 Guru mempunyai referensi yang cukup dari materi yang diajarkan.
3 Guru menanggapi pertanyaan peserta didik sesuai dengan dasar teori yang tepat, benar, dan mutakhir, sesuai dengan tujuan pembelajaran.
4 Guru menanggapi pertanyaan peserta didik dengan arif dan bijaksana.
5 Guru memberi respon positif terhadap pertanyaan siswa yang menyimpang tanpa mempermalukannya.
6 Guru memberi tanggapan terhadap pertanyaan siswa dengan sabar sampai siswa benar-benar memahami materi yang belum dimengerti.
7 Guru berjanji untuk menanggapi pertanyaan siswa dilain waktu terhadap pertanyaan yang belum terjawab.

4 Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerjasama yang baik antar peserta didik Pengamatan 1 Guru mempunyai perencanaan pembelajaran yang tepat yang dapat menumbuhkan kerjasama yang baik antar peserta didik.
2 Guru menggunakan metode pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerjasama yang baik antar peserta didik (missal: CTL, Eksperimen, Diskusi, dll).
3 Guru menggunakan model pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerjasama yang baik antar peserta didik (missal: STAD, GI, TGT, JIGSAW, PBI, Role Playing, dll).
4 Guru menggunakan media pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerjasama yang baik antar peserta didik (missal : alat-alat praktikum, charta, multimedia, dll).
5 Guru menyajikan pembelajaran sesuai dengan scenario pembelajaran yang direncanakan.

5 Guru mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban peserta didik baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik. Pengamatan 1 Guru mendengarkan semua jawaban siswa atas pertanyaan yang disampaikan.
2 Guru tidak langsung menyalahkan bila jawaban siswa kurang tepat.
3 Guru memberi motivasi yang dapat memancing siswa untuk menjawab dengan benar.
4 Guru memberi kesempatan siswa lain untuk melengkapi jawaban teman yang kurang tepat .
5 Guru memotivasi siswa untuk tidak ragu dalam menjawab pertanyaan.
6 Guru membiasakan memberikan pujian terhadap siswa yang menjawab meskipun jawab kurang tepat.
7 Guru memberikan reward pada siswa yang menjawab benar (meskipun berupa aplous).

6 Guru memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponya secara lengkap dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik. Pengamatan 1 Guru membantu siswa merumuskan kalimat dengan benar atas pertanyaannya.
2 Guru memberi respon secara urut, lengkap dan relevan terhadap pertanyaan siswa.
3 Guru mengembalikan kepada siswa yang bertanya terhadap jawaban yang diberikan sampai siswa benar-benar memahami.
4 Guru menggunakan kalimat yang jelas dan mudah dimengerti dalam menjawab pertanyaan siswa.
5 Guru tidak ragu memberikan jawaban pada siswa.
6 Guru menggunakan dasar teori yang relevan untuk manjawab pertanyaan siswa.

7 Penilaian dan evaluasi 1 Guru menyusun alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu sesuai yang tertulis dalam RPP. Pengamatan 1 Guru menyusun rancangan penilaian sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam satu semester.
2 Guru merencanakan penilaian dalam silabus dan RPP.
3 Guru membuat kisi-kisi penulisan soal.
4 Guru membuat kartu soal.
5 Guru membuat naskah soal.
6 Guru membuat kunci jawaban dan pedoman penskoran/penilaian.

2 Guru melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik dan jenis penilaian, selain penilaian formatif yang dilaksanakan sekolah, dan mengumumkan hasil serta implikasinya kepada peserta didik tentang tingkat pemahaman terhadap materi pembelajaran yang telah dan akan dipelajari. Pengamatan 1 Guru memahami pengertian teknik penilaian
2 Guru dapat menyebutkan dan menjelaskan teknik-teknik penilaian
3 Guru memahami jenis penilaian
4 Guru dapat menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis penilaian.
5 Guru melaksanakan penilaian Observasi
6 Guru melaksanakan penilaian Penugasan
7 Guru melaksanakan penilaian Portofolio
8 Guru melaksanakan penilaian Projek
9 Guru melaksanakan penilaian Produk (hasil karya)
10 Guru melaksanakan penilaian Inventori
11 Guru melaksanakan penilaian Jurnal
12 Guru melaksanakan penilaian diri

3 Guru menganalisis hasil penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahanya masing-masing peserta didik untuk keperluan remedial dan pengayaan. Pengamatan 1 Guru membuat analisis hasil evaluasi.
2 Guru menentukan peserta didik yang memperoleh hasil kurang dari KKM pada setiap indikator.
3 Guru menentukan peserta didik yang memperoleh hasil lebih dari KKM pada setiap indikator.
4 Guru membuat program remedial bagi peserta didik yang memperoleh hasil kurang dari KKM pada setiap indikator.
5 Guru membuat program pengayaan bagi peserta didik yang memperoleh hasil lebih dari KKM pada setiap indikator.
6 Guru melaksanakan program remedial bagi peserta didik yang memperoleh hasil kurang dari KKM pada setiap indikator.
7 Guru melaksanakan program pengayaan.bagi peserta didik yang memperoleh hasil lebih dari KKM pada setiap indikator.
8 Guru membuat analisis Pencapaian Ketuntasan Belajar Siswa per KD.
9 Guru menentukan hasil pencapaian kompetensi dari KKM pada setiap kompetensi dasar.
10 Guru menentukan topik / kompetensi dasar yang sulit.

4 Guru memanfaatkan masukan dari peserta didik dan merefleksikanya untuk meningkatkan pembelajaran selanjutnya, dan dapat membuktikannya melalui catatan, jurnal pembelajaran, rancangan pembelajaran, materi tambahan, dan sebagainya. Pengamatan 1 Guru menjelaskan cara memperoleh masukan balik tentang pengajarannya.
2 Guru memiliki catatan masukan balik oleh peserta didik.
3 Guru memiliki catatan masukan balik / komentar dari teman sekerja.
4 Guru memiliki catatan refleksi/evaluasi diri.
5 Guru memilih dan melaksanakan catatan masukan balik oleh peserta didik.
6 Guru memilih dan melaksanakan catatan masukan balik / komentar dari teman sekerja.
7 Guru memilih dan melaksanakan catatan refleksi/evaluasi diri.
8 Guru membuktikan/menuangkan masukan melalui catatan.
9 Guru membuktikan/menuangkan masukan melalui jurnal pembelajaran.
10 Guru membuktikan/menuangkan masukan melalui rancangan pembelajaran.
11 Guru membuktikan/menuangkan masukan melalui materi tambahan.

5 Guru memanfaatkan hasil penilaian sebagai bahan penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. Pengamatan 1 Guru memperhatiakan siswa yang memiliki hasil belajar dibawah kkm lebih mendapat perhatian.
2 Guru meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
3 Guru menggunakan metode yang bervariasi.
4 Guru menggunakan alat peraga/bantu yang sesuai.
5 Guru mengubah strategi pembelajaran yang berbeda dengan sebelumnya.
6 Guru Menyusun perangkat penilaian sesuai indikator.
7 Guru Melaksanakan penilaian.
8 Guru Memeriksa /jawaban/memberikan skor hasik belajar berdasarkan indikator.
9 Guru Menilai hasil belajar berdasar kriteia penilaian yang telah ditentukan.
10 Guru Mengolah hasil penilaian.
11 Guru Menganalisis penilaian berdasar tingkat kesukaran,daya pembeda,validitas, dan reabilitas.
12 Guru Menyimpulkan hasil penilaian secara jelas dan logis.
13 Guru Menyusun laporan penilaian.

II. KEPRIBADIAN
Kompetensi Indokator Cara Menilai Rubrik Ket
8 Bertindak sesuai norma agama, hokum, social, dan kebudayaan nasional 1 Guru menghargai dan mempromosikan prinsip-prinsip Pancasila sebagai dasar idiologi dan etika bagi semua warga Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru mengajak siswa dan warga sekolah untuk berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.
2 Guru berperilaku yang mencerminkan sikap toleransi inter, dan antar umat beragama.
3 Guru berperilaku tidak diskriminasi terhadap orang lain.
4 Guru melakukan upacara setiap hari senin dan peringatan hari besar nasional.
5 Guru mencintai budaya dan hasil karya bangsa sendiri.
6 Guru bermusyawarah dalam menentukan suatu tindakan untuk kepentingan sekolah.
7 Guru mampu mengendalikan diri dan tidak emosional dalam menghadapi permasalahan.

2 Guru mengembangkan kerjasama dan membina kebersamaan dengan teman sejawat tanpa memperhatikan perbedaan yang ada (misalnya: Suku,Agama, Gender) Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru punya andil dalam membuat gagasan untuk pembentukan organisasi, badan, atau lembaga disekolah yang berkaitan dengan kerja sama antar warga sekolah.
2 Guru menjadi anggota dari organisasi, badan, atau lembaga di sekolah yang berkaitan dengan kerja sama antar warga sekolah.
3 Guru tidak bersifat individual dan dapat bekerja sama dengan sesama warga sekolah.
4 Guru tidak memiliki sifat cenderung mementingkan golongan, suku, agama, atau gender.
5 Guru di dalam pergaulanya sehari-hari mampu menghargai, menghormati, dan membantu satu sama lain.
6 Guru memiliki jiwa sosial , dermawan, ringan tangan dalam membantu warga sekolah.

3 Guru saling menghormati dan menghargai teman sejawat sesuai dengan kondisi dan keberadaan masing-masing. Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru menghargai teman sejawat teman sejawat tanpa membedakan status konomi
2 Guru menghormati teman sejawat meski berbeda suku/daerah asal
3 Guru menghormati teman sejawat meski berbeda keyakinan
4 Guru menghargai teman sejawat meski pangkat/golongannya lebih rendah
5 Guru menghargai teman sejawat meski berbeda usia
6 Guru menghormati teman sejawat yang memiliki kelemahan fisik
7 Guru menghormati teman sejawat meski berbeda tingkat pendidikan
8 Guru menghargai teman sejawat meski berbeda usia

4 Guru memiliki rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia. Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru memiliki komitmen yang kuat dalam mempertahankan idiologi pancasila, UUD 1945 dan NKRI.
2 Guru memiliki semangat nasionalis dan jiwa patriotik yang sering diungkapkan kepada siswa saat pembelajaran di kelas.
3 Guru menunjukkan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia.
4 Guru menanamkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia kepada peserta didik.
5 Guru ikut berpartisipasi menggunakan baju batik dalam kegiatan pekan swadesi.
6 Guru rajin mengikuti kegiatan upacara bendera tiap hari senin di sekolah.
7 Guru mengikuti kegiatan upacara bendera atau peringatan hari besar nasional.
8 Guru menggunakan bahasa Indonesia dalam percakapan sehari-hari.
9 Guru tidak menggunakan simbol-simbol yang dapat memancing terjadinya konflik yang berbau SARA (suku, ras dan agama).
10 Guru jarang menggunakan produk luar negeri dan lebih mencintai produk dalam negeri.

5 Guru mempunyai pandangan yang luas tentang keberagaman bangsa Indonesia (misalnya : budaya, Suku, agama) Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru mempunyai wawasan yang luas tentang semboyan bangsa Indonesia Bhinneka Tunggal Ika.
2 Guru memiliki pandangan keberagaman budaya sebagai aset nasional yang perlu dilestarikan.
3 Guru mempunyai pandangan bahwa keberagaman suku merupakan dinamika kehidupan bangsa Indonesia.
4 Guru mempunyai pandangan bahwa keberagaman agama di Indonesia merupakan sarana untuk menumbuhkan semangat toleransi dan persatuan.
5 Guru dalam menjalankan tugasnya tidak memandang perbedaan suku.
6 Guru dalam menjalankan tugasnya tidak memandang perbedaan budaya.
7 Guru dalam menjalankan tugasnya tidak memandang perbedaan agama.
8 Guru mampu bekerja dengan baik meskipun berada dalam lingkungan kerja yang komunitasnya beragam.

9 Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan 1 Guru pertingkah laku sopan dalam berbicara, berpenampilan,dan berbuat terhadap semua peserta didik, orang tua, dan teman sejawat. Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru berbicara dengan peserta didik, orang tua, dan teman sejawat menggunakan kata-kata yang sopan
2 Guru berpenampilan sopan di depan peserta didik, orang tua, dan teman sejawat
3 Guru bertingkah laku sopan terhadap peserta didik, orang tua, dan teman sejawat
4 Guru tidak merendahkan peserta didik meski usianya jauh lebih muda
5 Guru berkomunikasi dengan orang tua peserta didik tidak memandang status ekonomi
6 Guru melakukan perbuatan terpuji yang dapat diteladani peserta didik
7 Guru berpenampilan sederhana dan tidak terlalu glamour
8 Guru tidak merokok saat berbicara dengan peserta didik, orang tua, dan teman sejawat

2 Guru mau membagi pengalamanya dengan kolega, termasuk mengundang mereka untuk mengobservasi cara mengajarnya dan memberikan masukan Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru dapat bekerjasama/ berkolaborasi dengan teman sejawat.
2 Guru mau berbagi pengalaman mengajarnya dengan teman sejawat.
3 Guru tak segan meminta teman sejawat untuk mengobservasi cara mengajarnya.
4 Guru mau menerima masukan dan kritik dari teman sejawat.
5 Guru menggunakan masukan teman sejawat sebagai refleksi untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
6 Guru pernah berkolaborasi dalam pelaksanaan PTK di sekolah.
7 Guru aktif dalam kegiatan MGMP atau KKG.
8 Guru sering mendiskusikan materi pembelajaran yang akan diajarkan bersama teman sejawat.
9 Guru berbagi pengetahuan kepada teman sejawat setelah mengikuti diklat atau workshop.
10 Guru berbagi informasi kepada teman sejawat apabila memperoleh informasi yang baru.

3 Guru mampu mengelola pembelajaran yang membuktikan bahwa guru dihormati oleh peserta didik, sehingga semua peserta didik selalu memperhatikan guru dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru mampu mengelola pembelajaran yang menimbulkan siswa berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
2 Guru mengatur formasi tempat duduk sehingga peserta didik dapat memperhatikan guru dengan jelas.
3 Guru memiliki kharisma dan berwibawa sehingga dihormati oleh peserta didik.
4 Semua peserta didik selalu memperhatikan guru selama proses pembelajaran.
5 Guru memperhatikan semua aktifitas siswa selama pembelajaran.
6 Suara guru dapat didengarkan oleh semua peserta didik.
7 Setiap peserta didik melakukan tugas yang diperintahkan oleh guru.
8 Peserta didik berbicara dengan guru menggunakan bahasa yang sopan.
9 Peserta didik bertingkah laku sopan saat pembelajaran di kelas.
10 Suasana kelas tidak gaduh saat guru mengajar di kelas.

4 Guru bersikap dewasa dalam menerima masukan dari peserta didik dan memberikan kesempatan pada peserta didik untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru mau menerima masukan dari peserta didik.
2 Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya.
3 Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpendapat.
4 Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berinteraksi dalam proses pembelajaran.
5 Guru menanggapi setiap pertanyaan siswa dengan arif dan bijaksana.
6 Guru memberikan kesempatan berpartisipasi dalam proses pembelajaran yang sama kepada setiap peserta didik.
7 Guru memperhatikan dengan seksama pertanyaan yang disampaikan siswa.
8 Guru berani mengakui kesalahannya apabila melakukan kesalahan saat pembelajaran.
9 Guru menanggapi pertanyaan siswa tidak dengan nada emosi.
10 Guru mampu menjalankan perannya sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran.

5 Guru berperilaku baik untuk mencitrakan nama baik sekolah. Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru disiplin saat masuk ke sekolah.
2 Guru masuk ke kelas sesuai dengan jam mengajarnya.
3 Guru melaksanakan tugas yang dibebankan sekolah tepat waktu.
4 Guru memakai atribut/seragam dinas sesuai dengan ketentuan.
5 Guru membagikan hasil ulangan tepat waktu.
6 Guru melakukan supervisi/ pengawasan pada kegiatan ekstra kurikuler.
7 Guru dapat menjaga citra sekolah dalam forum MGMP/KKG.
8 Guru dapat menjaga nama baik sekolah saat berada di luar lingkungan sekolah.
9 Guru berprilaku baik di dalam pergaulan masyarakat.
10 Guru sering menjadi pemimpin atau mendapat tugas penting di lingkungan masyarakat.

10 Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi dan rasa bangga menjadi guru 1 Guru mengawali dan mengakiri pembelajaran dengan tepat waktu. Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru memasuki ruang kelas tepat waktu setelah bel dibunyikan.
2 Guru memulai kegiatan pembelajaran tepat waktu.
3 Guru menyampaikan materi pembelajaran tepat waktu sesuai dengan alokasi waktu dalam RPP.
4 Guru menyelesaikan materi pembelajaran tepat waktu sesuai dengan RPP.
5 Guru melaksanakan kegiatan evaluasi materi pembelajaran tepat waktu sesuai dengan RPP.
6 Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran tepat waktu.
7 Guru tidak meninggalkan ruang kelas sebelum kegiatan pembelajaran berakhir.
8 Guru meninggalkan ruang kelas tepat waktu setelah bel selesai dibunyikan.

2 Jika guru harus meninggalkan kelas,guru mengaktifkan siswa dengan melakukan hal-hal produktif terkait dengan mata pelajaran,dan meminta gur u piket atau guru lain untuk mengawasi kelas. Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru terlebih dahulu meminta ijin kepada Kepala Sekolah sebelum meninggalkan kelas.
2 Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan soal atau meresum materi pembelajaran secara individu.
3 Guru membuat topik diskusi untuk dikerjakan siswa secara berkelompok.
4 Guru memberi tugas siswa untuk membuat power point sesuai materi pembelajaran secara berkelompok.
5 Guru memberi tugas siswa untuk menggali informasi terkait materi pembelajaran dari sumbem belajar lain di perpustakaan atau melalui internet secara berkelompok.
6 Guru meminta bantuan guru piket atau guru lain untuk mengawasi kelas.
7 Guru meminta hasil pekerjaan siswa kepada guru piket atau guru lain yang bertugas mengawasi kelas.
8 Guru menginformasikan nilai hasil pekerjaan siswa.

3 Guru memenuhi jam mengajar dan dapat melakukan semua kegiatan lain di luar jam mengajar berdasarkan ijin dan persetujuan pengelola sekolah. Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru memiliki jadual mengajar.
2 Guru melaksanakan pembelajaran sesuai jadual yang ditentukan.
3 Guru melakukan kegiatan apersepsi (pre test).
4 Guru menyajikan materi pembelajaran.
5 Guru melakukan kegiatan penutup (post test).
6 Guru tidak meninggalkan kelas selama jam mengajar berlangsung.
7 Guru melakukan kegiatan lain di luar tugas mengajar seijin Kepala Sekolah.
8 Guru dapat melaksanakan kegiatan lain di luar jam mengajar dengan baik seijin Kepala Sekolah, misal : menyusun RKS dan RKAS, rapat OSIS, dll

4 Guru meminta ijin dan member tahu lebih awal, dengan memberikan alasan dan bukti yang sah jika tidak menghadiri kegiatan yang telah di rencanakan, termasuk proses pembelajaran di kelas. Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru meminta ijin / memberi tahu lebih awal kepada Kepala Sekolah apabilatidak dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.
2 Guru meminta ijin / memberi tahu lebih awal apabila tidak dapat menghadiri kegiatan yang direncanakan / diprogramkan sekolah
3 Guru meminta ijin secara tertulis kepada Kepala Sekolah tidak melaksanakan tugas mengajar dengan alasan yang dapat dipertanggungjawabkan.
4 Guru meminta ijin sakit kepada Kepala Sekolah lebih dari dua hari dengan melampirkan surat keterangan dokter.
5 Guru meminta ijin kepada Kepala Sekolah karena tugas dinas dengan melampirkan surat tugas kedinasan dari instansi/ lembaga yang berkompeten.
6 Guru meminta ijin kepada Kepala Sekolah karena kegiatan kemasyarakatan dengan melampirkan surat dispensasi.
7 Guru melampirkan tugas kegiatan siswa.
8 Guru melaporkan hasil tugas kedinasan kepada Kepala Sekolah.

5 Guru menyelesaikan semua tugas administrative dan non-pembelajaran dengan tepat waktu s3esuai dengan standar yang ditetapkan Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru membuat perangkat pembelajaran sesuai standar yang ditetapkan kurikulum.
2 Guru membuat perangkat penilaian tepat waktu.
3 Guru membuat laporan penilaian tepat waktu.
4 Guru membuat analisi hasil evaluasi pembelajaran
5 Guru menyelesaikan tugas administrasi di luar pembelajaran sesuai dengan tugas tambahan yang dilaksanakan (sebagai wakasek, kepala laboratorium, kepala perpustakaan, wali kelas, pembina ekstra kurikuler) tepat waktu.
6 Guru membuat program remidi .
7 Guru menyusun materi dan soal remidi.
8 Guru membuat program pengayaan.
9 Guru menyusun materi dan soal pengayaan.
10 Guru membuat laporan hasil pelaksanaan remidi.
11 Guru membuat laporan hasil pelaksanaan pengayaan.

6 Guru memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk kegiatannyang produktif terkait dengan tugasnya. Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru mengoreksi ulangan harian .
2 Guru mengoreksi ulangan remidi.
3 Guru mengoreksi tugas pengayaan.
4 Guru berkunjung ke perpustakaan untuk meningkatkan pengetahuan sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.
5 Guru mengikuti musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) sejenis di sekolah.
6 Guru membuat alat peraga pembelajaran sesuai mata pelajaran yang diampu.
7 Guru membuat analisis hasil evaluasi pembelajaran setiap diadakan test
8 Guru membuat media pembelajaran berbasis IT.
9 Guru meningkatkan kompetensi dengan memanfaatkan internet.

7 Guru memberikan kontribusi terhadap pengembangan sekolah dan mempunyai prestasi yang berdampak positif terhadap nama baik sekolah. Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru berperan aktif dalam penyusunan program pengembangan fisik sekolah.
2 Guru berperan aktif dalam pelaksanaan program pengembangan fisik sekolah.
3 Guru berperan aktif dalam penyusunan program pengembangan SDM.
4 Guru berperan aktif dalam pelaksanaan program pengembangan SDM.
5 Guru mengikuti seleksi guru berprestasi.
6 Guru mengikuti lomba karya tulis ilmiah.
7 Guru melakukan kegiatan penelitian.
8 Guru melakukan pembinaan terhadap siswa dibidang Olimpiade sains untuk memperoleh prestasi ditingkat kabupaten/ propinsi/ nasional.
9 Guru melakukan pembinaan terhadap siswa dibidang Olimpiade Olah Raga. untuk memperoleh prestasi ditingkat kabupaten/ propinsi/nasional.
10 Guru melakukan pembinaan terhadap siswa dibidang Olimpiade TIKOM untuk memperoleh prestasi ditingkat kabupaten/ propinsi/nasional.
11 Guru melakukan pembinaan terhadap siswa dibidang seni budaya untuk memperoleh prestasi ditingkat kabupaten/propinsi/ nasional.
12 Guru melakukan pembinaan terhadap siswa di bidang keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
13 Guru melakukan pembinaan terhadap siswa di bidang kepramukaan.
14 Guru melakukan pembinaan terhadap siswa di bidang PMR.
15 Guru melakukan pembinaan terhadap siswa di bidang UKS.
16 Guru melakukan pembinaan terhadap siswa di bidang lingkungan hidup.

8 Guru merasa bangga dengan profesinya sebagai guru. Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru berkepribadian terpuji .
2 Guru berpenampilan menarik dan ramah.
3 Guru berpakaian rapi.
4 Guru memberikan tauladan pada semua warga sekolah.
5 Guru datang ke sekolah tepat waktu.
6 Guru berkomunikasi dengan baik dan santun.
7 Guru merasa bangga terhadap siswanya.
8 Guru melaksanakan tugas dengan ikhlas.
9 Guru senantiasa meningkatkan kompetensinya.

III. S O S I A L
Kompetensi Indokator Cara Menilai Rubrik Ket
11. Bersikap inklusif, bertindak objektif serta tidak diskriminatif 1. Guru memperlakukan peserta didik secara adil, memberikan perhatian dan bantuan sesuai kebutuhan masing-masing, tanpa memperdulikan factor personal Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru membagi waktu dalam berinteraksi dengan peserta didik secara individu
2 Guru membagi waktu dalam berinteraksi dengan peserta didik secara kelompok
3 Guru melakukan interaksi melalui tanya-jawab dengan peserta didik untuk menarik perhatian seluruh peserta didik di kelas
4 Guru melakukan interaksi melalui diskusi dengan peserta didik untuk menarik perhatian seluruh peserta didik di kelas
5 Guru melakukan interaksi melalui presentasi dengan peserta didik untuk menarik perhatian seluruh peserta didik di kelas
6 Guru menghargai proses pengerjaan tugas terstruktur peserta didik
7 Guru menghargai hasil penugasan terstruktur peserta didik
8 Guru menghargai hasil penugasan terstruktur dan tak terstruktur peserta didik
9 Guru menangani persaingan yang tidak sehat dalam berpenampilan secara fisik antar peserta didik
10 Guru menangani persaingan yang tidak sehat dalam hal verbal antar peserta didik
11 Guru menangani peserta didik yang melakukan pelecehan seksual terhadap peserta didik lainnya.

2. Guru menjaga hubungan baik dan peduli sesame teman sejawat(bersifat inklusif)serta berkontribusi positif terhadap semua diskusi formal dan informal terkait dengan pekerjaanya. Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru mengapresiasi dalam berinteraksi dengan teman sejawat terkait dengan pekerjaan
2 Guru bertoleransi dalam berinteraksi dengan teman sejawat terkait dengan pekerjaan
3 Guru memilki sikap kekeluargaan dalam berinteraksi dengan teman sejawat
4 Guru memiliki kepedulian sosial dengan teman sejawat terkait dengan pekerjaan
5 Guru memiliki kontribusi positif dalam rapat yang diselenggarakan instansi
6 Guru memiliki kontribusi positif dalam berdiskusi secara demokratis di forum MGMP
7 Guru menghargai setiap masukan/saran dalam berdiskusi secara demokratis guna perbaikan kinerjanya
8 Guru menindaklanjuti kesepakatan hasil rapat/diskusi

3. Guru sering berinteraksi kepada peserta didik dan tidak membatasi perjatiannya hanya pada kelompok tertentu(misalnya: Peserta didik yang pandai,kaya,berasal dari daearah yang sama denga guru). Pengamatan dan Pemantauan 1 Guru melakukan interaksi dengan peserta didik secara santun baik secara formal maupun informal
2 Guru melakukan interaksi dengan seluruh peserta didik melalui penyampaian pendapat, ide, gagasan yang positif.
3 Guru tidak membatasi perhatian terhadap peserta didik yang memiliki kekurangan maupun kelebihan secara ekonomi
4 Guru tidak membatasi perhatian terhadap peserta didik yang memiliki hubungan keluarga dengan guru
5 Guru tidak membatasi perhatian terhadap peserta didik yang memiliki kedekatan domisili dengan guru
6 Guru mengajak semua peserta didik untuk melakukan interaksi antar peserta didik tanpa memandang status ekonominya
7 Guru melakukan tanya jawab dengan peserta didik untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada peserta didik
8 Guru melakukan tanya jawab dengan peserta didik untuk membantu penyelesaian permaslahan peserta didik

12. Komunikasi dengan sesame guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan masyarakat 1. Guru menyampaikan informasi tentang kemajuan,kesulitan,dan potensi peserta didik kepada orang tuanya, baik dalam pertemuan formil maupun tidak formal antara guru dan orang tua,teman sejawat dan dapatmenunjukkan buktinya. Pemantauan 1 Guru menginformasikan kemajuan peserta didik kepada orang tua setiap pertengahan semester
2 Guru menginformasikan hasil belajar peserta didik kepada orang tua setiap akhir semester
3 Guru menyampaikan kesulitan belajar peserta didik kepada teman guru pengajar yang terkait tugasnya.
4 Guru menyampaikan kesulitan belajar peserta didik kepada wali kelas yang bersangkutan.
5 Guru menyampaikan kesulitan belajar peserta didik kepada Guru BK.
6 Guru menginformasikan kesulitan belajar peserta didik dan hasil bimbingan guru kepada kepala sekolah.
7 Guru menginformasikan tentang potensi peserta didik kepada orang tua
8 Guru menginformasikan tentang potensi siswa kepada teman sejawat

2. Guru ikut berperan aktif di luar kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan oleh sekolah dan masyarakat dan dapat memberikan bukti keikutsertaanya. Pemantauan 1 Guru ikut berperan aktif dalam kegiatan pembinaan peserta didik di luar pembelajaran
2 Guru ikut berperan aktif dalam kegiatan keagamaan yang diselenggarakan sekolah.
3 Guru ikut berperan aktif dalam kepanitiaan kegiatan sekolah.
4 Guru ikut berperan aktif dalam kegiatan seminar yang diselenggarakan oleh sekolah
5 Guru ikut berperan aktif dalam kegiatan workshop/ pelatihan yang diselenggarakan sekolah
6 Guru ikut berperan aktif dalam kegiatan seminar yang dislenggarakan di luar sekolah / masyarakat
7 Guru ikut berperan aktif dalam kegiatan worshop/ pelatihan yang diselenggarakan di luar sekolah / masyarakat
8 Guru ikut berperan aktif dalam kegiatan publikasi ilmiah

3 Guru memperhatikan sekolah sebagai bagian dari masyarakat, berkomunikai dengan masyarakat sekitar, serta berperan dalam kegiatan social di masyarakat. Pemantauan 1 Guru berkoordinasi dengan komite sekolah dalam mewujudkan pengembangan sekolah
2 Guru menjalin hubungan baik dengan berbagai instansi
3 Guru berkoordinasi dengan orang tua atau wali peserta didik
4 Guru berperan aktif dalam kegiatan organisasi kemasyarakatan
5 Guru ikut berperan aktif dalam kegiatan sosial di lingkungan masyarakat
6 Guru ikut berperan aktif dalam kegiatan keagamaan di masyarakat
7 Guru berperan aktif dalam kegiatan bakti sosial
8 Guru ikut berperan aktif dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat

IV. PROFESIONAL
Kompetensi Indokator Cara Menilai Rubrik Ket
13 Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 1 Guru melakukan pemetaan standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran yang diampunya, untuk mengidentifikasi materi pembelajaran yang dianggap sulit, melakukan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, dan memperkirakan alokasi waktu yang diperlukan. Pengamatan 1 Guru memiliki buku Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (softcopy dan/atau hardcopy).
2 Guru mempunyai pemetaan SK dan KD mata pelajaran yang diampunya.
3 Guru memiliki beberapa buku materi pelajaran.
4 Guru memiliki RPP yang tersusun sesuai dengan format yang baku.
5 Guru menyampaikan SK/KD yang akan dicapai pada kegiatan awal pembelajaran.
6 Guru menguasai materi pelajaran (topik) yang disajikan di kelas.
7 Guru menyajikan materi pelajaran (topik) sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan dalam RPP yang telah disusun.
8 Guru mengidentifikaasikan materi pelajaran (topik) yang akan disajikan.
9 Guru mengidentifikasikan peserta didik yang mengalami kesulitan memahami topik yang sulit.
10 Guru menyusun perencanaan pembelajaran ulang terhadap materi pelajaran (topik) yang sulit untuk meningkatkan pemahaman peserta didik.

2 Guru menyertakan informasi yang tepat dan mutakir didalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Pengamatan 1 Guru memiliki beberapa buku materi pelajaran terbitan baru yang sesuai BNSP.
2 Guru memiliki dokumen sebagai sumber materi pelajaran selain dari buku (misal : dari internet).
3 Materi pelajaran yang disusun dalam RPP berurutan mulai dari yang mudah, sedang dan sukar.
4 RPP yang disusun guru dengan mengambil contoh soal (permasalahan) yang dikaitkan dengan kondisi yang sedang berkembang.
5 Metode pembelajaran yang disusun guru RPP sesuai dengan materi pelajaran (topik) yang akan disajikan.
6 Guru menyajikan materi pelajaran (topik) sesuai dengan RPP.
7 Guru menyajikan contoh soal sesuai dengan RPP.
8 Guru menggunakan metode mengajar yang sesuai dengan materi pelajaran (topik) yang disajikan.

3 Guru menyusun materi, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang berisi informasi yang tepat mutakir, dan yang membantu peserta didik untuk memahami konsep materi pembelajaran. Pengamatan 1 Guru memiliki beberapa buku materi pelajaran terbitan baru yang sesuai BNSP.
2 Guru memiliki dokumen sebagai sumber materi pelajaran selain dari buku (misal : dari internet).
3 Materi pelajaran yang disusun dalam RPP berurutan mulai dari yang mudah, sedang dan sukar.
4 RPP yang disusun guru dengan mengambil contoh soal (permasalahan) yang dikaitkan dengan kondisi yang sedang berkembang.
5 Metode pembelajaran yang disusun guru RPP sesuai dengan materi pelajaran (topik) yang akan disajikan.
6 Guru menyajikan materi pelajaran (topik) sesuai dengan RPP.
7 Guru menyajikan contoh soal sesuai dengan RPP.
8 Guru menggunakan metode mengajar yang sesuai dengan materi pelajaran (topik) yang disajikan.
9 Guru merespon dan memperhatikan pertanyaan peserta didik yang belun faham terhadap topik yang disajikan.
10 Guru mengidentifikasi pertanyaan dari peserta didik.
11 Guru memilih pertanyaan peserta didik untuk dibahas bersama.
12 Guru memberi kesempatan kepada peserta didik yang lainnya untuk menanggapi pertanyaan yang telah dipilih.
13 Guru menjelaskan kembali topik yang belum difahami peserta didik.
14 Guru membantu siswa membuat kesimpulan dari topik yang telah disajikan.

14 Pengembangan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif 1 Guru melakukan evaluasi diri secara spesipik, lengkap, dan didukung dengan conntoh pengalaman diri sendiri. Pemantauan 1 Guru memiliki dokumen format 1 (evaluasi diri guru).
2 Guru memiliki dokumen format 2 (Rencana Tahunan program PKB).
3 Guru memiliki dokumen format 3 (Refleksi diri guru).
4 Guru memiliki surat tugas untuk mengikuti kegiatan PKB.
5 Guru memiliki sertifikat tentang keikutsertaannya dalam kegiatan PKB.
6 Guru memiliki materi hasil kegiatan PKB.
7 Guru dapat menjelaskan dampak PKB terhadap pembelajaran dengan contoh.
8 Guru memiliki buku sumber yang sesuai dengan materi pelajaran.
9 Guru menggunakan sumber belajar/media dalam pembelajaran.
10 Guru memiliki sertifikat keikutsertaannya dalam MGMP.
11 Guru melakukan pengukuran hasil belajar.
12 Guru melakukan remidial dan pengayaan.
13 Guru melaporkan hasil belajar.

2 Guru memiliki jurnal pembelajaran, catatan masukan dari teman sejawat atau hasil penilaian proses pembelajaran sebagai bukti yang menggambarkan kinerjanya. Pemantauan 1 Guru memiliki jadwal mengajar.
2 Guru memiliki jurnal mengajar.
3 Guru memiliki Rencana Pekan Efektif.
4 Guru memiliki Program Tahunan.
5 Guru memiliki Program Semester.
6 Guru memiliki SILABUS.
7 Guru memiliki RPP.
8 Guru memiliki soal-soal ulangan,ujian untuk pengambilan nilai siswa.
9 Guru memiliki dokumen remidial dan pengayaan.
10 Guru memiliki ANALISIS HASIL EVALUASI BELAJAR siswa.
11 Guru memiliki daftar nilai siswa.
12 Guru mempunyai catatan hasil penilaian proses pembelajaran.

3 Guru memanfaatkan bukti gambaran kinerjanya untuk mengembangkan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran selanjutnya dalam program pengembangan kepropesionalan berkelanjutan(PKB). Pemantauan 1 Guru mempunyai catatan identifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya.
2 Guru mempunyai buku bimbingan siswa tentang penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya.
3 Guru mempunyai buku bimbingan tentang mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik.
4 Guru memberi penjelasan tentang penggunakan berbagai teknik untuk memotiviasi kemauan belajar peserta didik.
5 Guru mempunyai catatan tentang respon peserta didik yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
6 Guru mempunyai jurnal mengajar.
7 Guru mempunyai RPP berkarakter.
8 Guru memberi penjelasan tentang penggunaan alat bantu mengajar, dan/atau audio-visual (termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
9 Guru mempunyai buku analisis hasil penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan remedial dan pengayaan.

4 Guru dapat mengaplikasikan Pengalaman PKB dalam merencanakan, pelakanaan, penilaian pembelajaran dan tindak lanjutnya. Pemantauan 1 Guru memliki program tahunan dalam pengajaran.
2 Guru memiliki program semester kelas yang diajarnya.
3 Guru memiliki RPP kelas yang diajarnya.
4 Guru memiliki daftar nilai siswa.
5 Guru memiliki daftar absensi siswa.
6 Guru memiliki pecan efektif dalam satu tahun.
7 Guru memilik Peta konsep SK dan KD dalam pengajaran.
8 Guru memiliki penentuan KKM siswa pada kelas yang diajarnya.
9 Guru memiliki silabus dalam program pengajaran.
10 Guru memiliki kisi-kisi soal ulangan harian.
11 Guru memiliki kartu soal ulangan harian.
12 Guru memiliki Kunci soal jawaban ulangan harian.
13 Guru memiliki analisis ulangan harian
14 Guru memiliki program perbaikan dan pengayaan siswa
15. Guru memliki buku tindakan siswa yang bermasalah.

5 Guru melakukan penilaian, mengembangkan karya inovatif, mengikuti kegiatan ilmiah (misalnya seminar, konferensi) ,dan aktif dalam melaksanakan PKB. Pemantauan 1 Guru memiliki sertifikkat bahwa yang bersangkutan pernah mengikuti diklat cara pembuatan karya ilmiah atau karya inovatif.
2 Guru memiliki konsep-konsep cara –cara membuat karya ilmiah.
3 Guru memiliki contoh contoh karya ilmiah.
4 Guru memiliki judul-judul karya ilmiah dari internet sebagai data pembanding.
5 Guru memiliki catatan-catatan kejadiaan kejadian yang janggal didalam kelas sehingga bisa ditindak lanjuti sebagai bahan penelitian.
6 Guru memiliki laporan penelitian langsung disekolahnya dalam tindak lanjut kejadian dalam kelas.
7 Guru mempunyai catatan tentang pertemuaan dengan guru sma lain untuk mendiskusikan hasil penelitian.
8 Guru mempunyai catatan tentang pertemuaan dengan guru sma lain untuk mendiskusikan judul dalam penelitiaan.
9 Guru menjelaskan tentang perlunya mengadakan penelitian.
10 Guru menjelaskan tentang tahap-tahap penelitian.

6 Guru dapat memanfaatkan TIK dalam berkomunikasi dan PKB. Pemantauan 1 Guru dapat menjelaskan cara meyimpan fail dalam komputer.
2 Guru dapat menjelaskan cara membuka kembali file yang telah disimpan pada komputernya.
3 Guru dapat menjelaskan cara membuka file pada flash disc dan compact disc.
4 Guru dapat menjelaskan cara meng-upload maupun men-download data dari internet.
5 Guru dapat menjelaskan cara penyampaian materi dengan menggunakan program MS Power Point.
6 Guru dapat menjelaskankan cara menampil-kan gambar/film dalam proses pembelajaran.
7 Guru dapat menjelaskan tentang kesulitan dan kemudahan dalam mengajar dengan menggunakan komputer.
8 Guru dapat menjelaskankan cara pengajaran dengan menggunakan LCD.
9 Guru dapat menjelaskankan cara menghitung dengan menggunakan program MS Excel.

Diterbitkan oleh

leoniya (nining)

guru TK yang selalu ingin berbagi tentang pendidikan anak usia dini, semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s