Permainan & Kegiatan Untuk Mengembangkan Multiple Intelegensi Pada Anak TK

Permainan & Kegiatan Untuk Mengembangkan Multiple Intelegensi Pada Anak TK

Kegiatan pembelajaran di TK hendaknya merupakan kegiatan yang dapat menimbulkan kesenangan pada anak untuk mengadakan penyelidikan,melakukan percobaan dan membuat penemuan bagi diri anak sendiri melalui interaksi dengan lingkungan dan orang lain yang ada disekitar anak, dan ini dapat diberikan pada anak melalui permainan yang terencana, bertujuan dan produktif.
Disini penulis akan berusaha untuk memberi panduan cara mengembangkan kecerdasan majemuk (multiple intelegensi) pada anak Taman Kanak Kanak ,melalui kegiatan tentang bagaimana meningkatkan dan mengembangkan semua jenis kecerdasan yang ada pada anak TK.
A. Kcerdasan Linguistik- verbal.
Permainan dan kegiatannya :
1. Permainan kata berangkai
Buatlah satu kelompok anak dengan jumlah anggota 10 anak , lalu tunjuklah salah satu untuk menjadi leader (pemimpin). Pemimpin lalu memerintakan pada anggota untuk mencari kata – kata yang telah disebutnya. Contoh : Sebutkanlah macam – macam buah,lalu dia menepuk bahu temannya, teman yang ditepuk menyebutnama buah , lalu dia ganti menepuk teman disebelahnya, yang ditepuk harus menjawab, dan jawaban tidakboleh sama,bila ada nak yang tidakbisa menjawab maka dia harus keluar dari arena permainan. Nama buah buah bisa diganti yang lain disesuaikan dengan tema saat itu.
2. Melengkapi kalimat
Guru membuat kalimat yang belumselesai dan kalimat harus mempunontoh : saya hari minggu ikut ibuke pasar. Di pasar ibu membeli……..Anak- anak akan dengan spontan menjawab (memberi jawaban) sesuai dengan pengalamannya .pendapat anak jangan dipotong, biarkan mereka menyampaikan pendapat sesuai dengan pengalamannya.
B. Kecerdasan Matematis – logis.
Permainan dan kegiatannya :
1. Guru menyediakan gambar gerbong kereta api, lalu ditulis dengan angka 1 – 10. Ajak anak untuk menjawab pertanyaan guru dengan cara menunjuk angka yang ada digerbong KA. Contoh : berapa umurmu ?, berapa jumlah roda sepeda : roda mobil. Berapa jumlahkaki kuda : kaki ayam ?.
2. Permainan pola
Permainan menyususn pola tertentu dengan menggunakan kancing baju berwarna warni (anak disuruh menyususn kancing bajusendiri lalu disuruh membaca pola yang telah dibuatnya sendiri ) Contoh : warna merah,kuning, hijau,…….
C. Kecerdasan Kinestetis
Permainan dan kegiatannya :
1. Memilih bentuk, warna dan pola
Ajak anak mengikuti lomba mengumpulkan batu kerikil yang sudah diwarnai. Batu kerikil merah ditempatkan dikotak biru dan bau kerikil biru ditempatkan dikotak merah (kebalikan). Mula – mula sejumlah batu kerikil merah dan biru diadukjadi satu dalamsuatu tempat/ wadah. Lalu peserta diajak mengumpulkan batu kerikil sesuai instruksi, pemenang adalah anak yang paling banyak mengumpulkan batu kerikil dengan benar (sesuai instruksi).
2. Bermain raja berkata
Permainan Raja Berkata adalah permainan pikiran dan olah tubuh yang baik untuk dimainkan karena anaklatihan untuk bereaksi dan berfikir cepat. Anak – anak membuat lingkaran dan pilihlah salah satu untuk menjadi leader (Raja) lainnya memperhatikan perintah raja dan melaksanakan dengan tepat sesuai perintah Raja. Contoh : raja berkata “ angkat tangan kananmu dan bilang halo “. Atau raja berkata “Gerakkan kepalamu kekanan dan lambaikan tangan kirimu”. Atau raja berkata”lambaikan tangan kananmu dan lompat kedepan”. Apabila ada anak yang tidak konsentrasi sehingga tidak bisa merespon perintah raja maka dapat diberi hukuman sesuai kesepakatan ( lari, nyanyi,joget atau yang lainnya).
D. Kecerdasan Irama _Musik
Permainan dan kegiatannya :
1. Menebak judul lagu
Mintalah anak untuk menebak judul lagu yang disenandungkan guru, atau ganti anak yang bersenandung sedang tman yang lainnya menebak judul lagunya atau menirukan syair yang telah disenandungkan.
2. Bermain Tepuk
Mintalah anak – anak untuk bertepuk tangan bersama sebagai kelompok sesuai pola yang diberikan guru. Contoh : pertama 1 tepuk : TEPUK-TEPU-TEPUK lalu 2 tepuk : TEPUK TEPUK – TEPUK TEPUK – TEPUK TEPUK. Selanjutnya 3 tepuk : TEPUK TEPUK TEPUK – TEPUK TEPUK TEPUK dan seterusnya sambil membentuk irama.
E. Kecerdasan Visual – Spasial
Permainan dan kegiatannya :
1.Menjiplak gambar
Tempatkanlah kertas penjiplak untuk menjiplak. Mintalah anak untuk menggunakan pensil dan menelusuri gambar, setelah selesai mintalah anak mewarnai hasil gambar jiplakannya tadi.
3. Menggambar terbalik
Tempatkan gambar terbalik. Anak diminta mencontoh gambar pola kertas dengan catatan tidakboleh membalik gambar pada sisi yang benar. Beritau anak untuk berkonsentrasi pada garis/titik untuk mulai menggambar, ketika gambar anak sudah selesai biarkan anak untukmewarnai.
F. Kecerdasan Interpersonal
Permainan dan kegiatannya :
1. Berjalan saling percaya
Mintalah anak – anak untuk membentuk pasangan dan berdiri saling berhadapan sambil saling menyandarkan telapak tangan (Tangan saling mengenggam) lalu mulai berjalan kesamping setapak demi setapak melewati garis yang telah dibuat (masing – masing menginjak garis tidak boleh keluar dari garis).
2. Kuda berbisik
Buatlah 2 kelompok dengan jumlah anggota sama banyak .masing – masing kelompok duduk kebelakang (seperti KA) lalu guru membisikan satu –dua kata kemasing – masing kelompok pada barisan yang pertama. Misalnya pada kelompok A “ROTI BAKAR” dan kelompok B”SUSU MANIS”. Tugas teman yang didepan membisikkannya pada teman dibelakangnya begitu seterusnya sampai kebelakang dan anggota habis. Anggota yang dudukdibelakang lapor keguru hasil dia mendengar bisikan dari temannya. Yang salah kelompoknya bisa diberi hukuman : menari,menyanyi atau yang lainnya.
G. Kecerdasan Intrapersonal
Permainan dan kegiatannya :
1. Sidik jari saya
Mintalah setiap anak untuk membasahi jempolnya dengan tinta dan menempelkannya pada selembar kertas (membuat sisik jari). Lalu suruh anak menuliskan namanya dibawah sidik jarinya dan biarkan anak menempelkan pada lockernya masing – masing.
2. Menuliskan keberhasilan dan kelebihannya.
Anak – anak diminta untuk menggambar diri mereka masing – masing lalu dibawah gambar dituliskan kelebihannya. Contoh : saya pintar, saya baikatau yang lainnya.

Selain kegiatan dan permainan yang perlu dikembangkan untuk mengoptimalkan kecerdasan majemuk pada anak,guru juga harus memperhatikan dan mengevaluasi atau menilai perkembangan anak, yang penting untuk diingat bahwa setiap anak dalam mengembangkan kemampuan mempunyai kecepatan yang berbeda. Setiap anak adalah seorang individu / pribadi yang unik dengan ciri – ciri yang tidak sama, tetapi ingat semua anak memiliki potensi yang tak terbatas untuk belajar.

Diterbitkan oleh

leoniya (nining)

guru TK yang selalu ingin berbagi tentang pendidikan anak usia dini, semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s