Model Pembelajaran di TK

PENGERTIAN
Program pembelajaran disusun untuk mengembangkan seluruh potensi anak yang beragam selaras dengan tumbuh kembang anak dengan memperhatikan budaya dan karakter bangsa
Kurikulum TK adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, bidang pengembangan dan penilaian serta cara yang digungakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
Program pembelajaran adalah proses interaksi peserta deidik dengan mendidik / sumber belajar pada suatu lingkungan belajar
Model Pembelajaran adalah suatu desain atau rancangan yang menggambarkan proses rincian dan penciptaan situasi lingkungan yang memungkinkan anak berinteraksi dalam pembelajaran
Penilaian adalah suatu usaha mengumpulkan dan menafsirkan berbagai informasi sercara sistematis, berkala, berkelanjutan, menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan serta perkembangan yang telah dicapai oleh peserta didik melalui kegiatan pembelajaran
Silabus adalah seperangkat rencana dan pengaturan kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, penilaian proses, dan hasil pencapaian pengembangan
PRINSIP – PRINSIP PEMBELAJARAN DI TK
Bermain sambil belajar dan Belajar seraya bermain
Pembelajaran berorientasi pada perkembangan anak
Pembelajaran berorientasi pada kebutuhan anak
Pembelajaran berpusat pada anak
Pembelajaran menggunakan pendekatan tematik
Kegiatan pembelajaran yang PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Effektif,dan Menyenangkan )
Pembelajaran mengembangkan kecakapan hidup
Pembelajaran didukung oleh oleh Lingkungan yang Kondusif
Pembelajaran yang demokratis
Pembelajaran yang bermakna
PENYUSUNAN PROGRAM PEMBELAJARAN
Langkah-Langkah
Analisis kontek
Menetapkan visi, misi dan tujuan lembaga
Menentukan isi program pembelajaran TK
Menentukan alokasi waktu program pembelajaran
Mengembangkan perencanaan kegiatan pembelajaran (perencanaan semester, RKM, RKH)
PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN
Prinsip :
Menciptakan suasana yang aman, nyaman, bersih dan menarik
Pembelajaran berpusat pada anak dan dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan mendorong kreatifitas serta kemandirian;
Sesuai dengan tahap pertumbuhan fisik dan perkembangan mental anak serta kebutuhan kepentingan terbaik anak;
Memperhatikan perbedaan bakat, minat dan kemampuan masing-masing anak.
Mengintegrasikan kebutuhan anak terhadap kesehatan gizi, stimulasi psikososial, dan memperhatikan latar belakang ekonomi, sosial dan budaya anak.
Pembelajaran dilakukan melalui bermain, pemilihan metode dan alat bermain yang tepat dan bervariasi, serta memanfaatkan berbagai sumber belajar yang ada di lingkungan
Kegiatan pembelajaran dilakukan secara bertahap, berkesinambungan, dan bersifat pembiasaan
Pemilihan tehnik dan alat penilaian sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan
Kegiatan yang diberikan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan perkembangan anak.
MODEL – MODEL PEMBELAJARAN DI TK :
MODEL KELOMPOK DENGAN KEGIATAN PENGAMAN
MODEL BERDASARKAN SUDUT – SUDUT
MODEL PEMBELAJARAN AREA
MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN SENTRA

LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN SESUAI DENGAN MODEL YANG DIGUNAKAN
KEGIATAN AWAL ——–KLASIKAL
KEGIATAN INTI———– BERDASARKAN MODEL YANG DIPROGRAM
ISTIRAHAT/MAKAN DAPAT JUGA DIGUNAKAN UNTUK MENGISI INDIKATOR YANG HENDAK DICAPAI
KEGIATAN AKHIR —– KLASIKAL
PENILAIAN : DILAKSANAKAN SELAMA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

MODEL BERDASARKAN SUDUT – SUDUT :
Sudut Ketuhanan: maket rumah ibadah, alat-alat untuk menjalankan tempat ibadah .
Sudut Keluarga ; kursi tamu, meja makan, peralatan dapur, peralatan kamar tidur, boneka.
Sudut Pembangunan,: balok – balok, kepingan geometri, lego, alat pertukangan, kendaraan kecil.
Sudut Alam Sekitar : akuarium, benda-benda obyek pengetahuan ( kulit kerang, biji- bijian, batu – batuan, kaca pembesar dsb
Sudut Kebudayaan : Musik, perkusi, rak – rak buku, peralatan kreativitas, buku-buku bergambar, simbol-simbol dsb.
MODEL PEMBELAJARAN AREA :
Area Matematika
Area IPA
Area Seni/motorik halus.
Area Balok
Area Musik,
Area Bermain peran.
Area Bahasa
Area Bermain diluar
Area Pasir dan Air.
Area Agama
MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN SENTRA :
Sentra Agama,
Sentra bermain peran.
Sentra musik,
Sentra persiapan,
Sentra bahan alam
Sentra seni

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin:0cm;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;}

MODEL PEMBELAJARAN

—  Program pembelajaran disusun untuk mengembangkan seluruh potensi anak yang beragam selaras dengan tumbuh kembang anak dengan memperhatikan budaya dan karakter bangsa

—  Kurikulum TK adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, bidang pengembangan dan penilaian serta cara yang digungakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan

—  Program pembelajaran adalah proses interaksi peserta deidik dengan mendidik / sumber belajar pada suatu lingkungan belajar

—  Model Pembelajaran adalah suatu desain atau rancangan yang menggambarkan proses rincian dan penciptaan situasi lingkungan yang memungkinkan anak berinteraksi dalam pembelajaran

—  Penilaian adalah suatu usaha mengumpulkan dan menafsirkan berbagai informasi sercara sistematis, berkala, berkelanjutan, menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan serta perkembangan yang telah dicapai oleh peserta didik melalui kegiatan pembelajaran

—  Silabus adalah seperangkat rencana dan pengaturan kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, penilaian proses, dan hasil pencapaian pengembangan

PRINSIP – PRINSIP PEMBELAJARAN DI TK

Ø  Bermain sambil belajar dan Belajar seraya bermain

Ø  Pembelajaran berorientasi pada perkembangan anak

Ø  Pembelajaran  berorientasi pada kebutuhan anak

Ø  Pembelajaran berpusat pada anak

Ø  Pembelajaran menggunakan pendekatan tematik

Ø  Kegiatan pembelajaran yang PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Effektif,dan Menyenangkan )

Ø  Pembelajaran mengembangkan kecakapan hidup

Ø  Pembelajaran didukung oleh oleh Lingkungan yang Kondusif

Ø  Pembelajaran yang demokratis

Ø  Pembelajaran yang bermakna

 

PENYUSUNAN PROGRAM PEMBELAJARAN

Langkah-Langkah

  1. Analisis kontek
  2. Menetapkan visi, misi dan tujuan lembaga
  3. Menentukan isi program pembelajaran TK
  4. Menentukan alokasi waktu program pembelajaran
  5. Mengembangkan perencanaan kegiatan pembelajaran (perencanaan semester, RKM, RKH)

PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN

Prinsip :

  1. Menciptakan suasana yang aman, nyaman, bersih dan menarik
  2. Pembelajaran berpusat pada anak dan dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan mendorong kreatifitas serta kemandirian;
  3. Sesuai dengan tahap pertumbuhan fisik dan perkembangan mental anak serta kebutuhan kepentingan terbaik anak;
  4. Memperhatikan perbedaan bakat, minat dan kemampuan masing-masing anak.
  5. Mengintegrasikan kebutuhan anak terhadap kesehatan gizi, stimulasi psikososial, dan memperhatikan latar belakang ekonomi, sosial dan budaya anak
  6. Pembelajaran dilakukan melalui bermain, pemilihan metode dan alat bermain yang tepat dan bervariasi, serta memanfaatkan berbagai sumber belajar yang ada di lingkungan
  7. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara bertahap, berkesinambungan, dan bersifat pembiasaan
  8. Pemilihan tehnik dan alat penilaian sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan
  9. Kegiatan yang diberikan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan perkembangan anak.

 

MODEL – MODEL PEMBELAJARAN  DI TK

q  Model Kelompok Dengan Kegiatan Pengaman

q  Model Berdasarkan Sudut – Sudut

q  Model Pembelajaran Area

q  Model Pembelajaran Berdasarkan Sentra

 

LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN SESUAI DENGAN MODEL YANG DIGUNAKAN

—  Kegiatan Awal  ——–Klasikal

—  Kegiatan Inti———– Berdasarkan Model Yang Diprogram

—  Istirahat/Makan Dapat Juga Digunakan Untuk Mengisi Indikator Yang Hendak Dicapai

—  Kegiatan Akhir —– Klasikal

—  Penilaian : Dilaksanakan Selama Kegiatan Belajar Mengajar

 

MODEL BERDASARKAN SUDUT – SUDUT

a.    sudut Ketuhanan: maket rumah ibadah, alat-alat untuk menjalankan tempat ibadah .

b.    sudut Keluarga ; kursi tamu, meja makan, peralatan dapur, peralatan kamar tidur, boneka.

c.    sudut Pembangunan,: balok – balok, kepingan geometri, lego, alat pertukangan, kendaraan kecil.

d.    sudut alam sekitar : akuarium, benda-benda obyek pengetahuan ( kulit kerang, biji- bijian, batu – batuan, kaca pembesar dsb.

e.    sudut kebudayaan: Musik, perkusi,  rak – rak buku, peralatan kreativitas,  buku-buku bergambar, simbol-simbol dsb.

 

MODEL PEMBELAJARAN AREA

a.  Area Matematika

b.  Area IPA

c.   Area Seni/motorik halus.

d.  Area Balok

e.  Area Musik,

f.    Area Bermain peran.

g.  Area Bahasa

h.  Area Bermain diluar

i.    Area Pasir dan Air.

j.    Area Agama

 

MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN SENTRA

a.    Sentra Agama,

b.    Sentra bermain peran.

c.    Sentra musik,

d.    Sentra persiapan,

e.    Sentra bahan alam

f.     Sentra seni

 

Diterbitkan oleh

leoniya (nining)

guru TK yang selalu ingin berbagi tentang pendidikan anak usia dini, semoga bermanfaat

5 tanggapan untuk “Model Pembelajaran di TK”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s