PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB)

PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB)
Mau naik pangkat ?, itu yang pertama ditanyakan oleh Prof. Dr. Ir.H.Suhardjono,Dipl H.E.MPd,sebelum menyampaikan materinya, beliau adalah salah satu anggota Tim tehknis penilai angka kredit guru pusat, didalam bidang karya tulis ilmiah (KTI) guru.
Apabila jawaban kita “YA” maka yang harus kita kerjakan adalah : (1) mengumpulkan angka kredit dan (2) mengusulkan kenaikan pangkat kita. Pertanyaan selanjutnya lalu darimana angka kredit didapat. AK (angka kredit didapat ) dari :
a. Pendidikan
b. Pelaksanaan pembelajaran
c. Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB)
d. penunjang
PKB adalah kegiatan pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan berkelanjutan untuk meningkat profesionalnya (Permennegpan dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2009 pada Bab I pasal 1 butir 5).
Ada 3 (tiga) kegiatan , pada PKB yaitu :
A Pengembangan Diri 1.mengikuti diklat fungsional
2.melaksanakan kegiatan kolektif guru
B Publikasi Ilmiah 1.membuat publikasi ilmiah
2.membuat publikasi buku
C Karya INOVATIF 1.menemukan tehknologi tepat guna
2.menemukan/menciptakan karya seni
3.membuat/memodifikasi alat pelajaran
4.mengikuti pengembangan penyususn standar,pedoman, soal dan sejenisnya

Macam publikasi ilmiah dan berapa angka kreditnya, berdasar Permennegpan dan RB Nomor 16 tahun 2009, terdapat 10 macam publikasi ilmiah, yang masing – masing mempunyai besaran angka kredit yang berbeda
No Macam Publikasi ilmiah kode keterangan Angka kredit
1 Makalah yang dipresentasikan di forum ilmiah 1a Pemrasaran/ nara sumber pada seminar atau lokakarya 0.2
1b Pemrasaran/ nara sumber pada kolokium atau diskusi ilmiah 0,2
3 Publikasi ilmiah berupa hasil penelitian /gagasan ilmiah dibidang pendidikan formal 2a Berupa buku yang diterbitkan ber ISBN diedarkan secara nasional atau ada pengakuan dari BSNP 4
2b Berupa tulisan (artikel ilmiah) dimuat di jurnal ilmiah tingkat nasional yang terakreditasi 3
2c Berupa tulisan (artikel ilmiah) dimuat dijurnal ilmiah tingkat propinsi 2

2d Berupa tulisan (artikel ilmiah) dimuat dijurnal ilmiah tingkat kabupaten/kota 1
2e Berupa makalah hasil penelitian dan telah diseminarkan di sekolah penulis 4
3 Makalah berupa tinjauan ilmiah 3a Tinjauan ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan 2
4 Tulisa Ilmiah Populer 4a Artikel ilmiah populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan dimuat di media massa tingkat nasional 2
4b Artikel ilmiah populer dibidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan dimuat di media massa tingkat propinsi 1,5
5 Artikel ilmiah dibidang pendidikan 5a Artikel ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan dimuat di Jurnal tingkat nasional terakreditasi 2
5b Artikel ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan dimuat di Jurnal tingkat nasional tidak terakreditasi/propinsi 1,5
5c Artikel ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan dimuat di Jurnal tingkat lokal/ kabupaten/sekolah/madrasah. 1
6 Buku Pelajaran 6a Buku pelajaran yang lolos penilaian oleh BNSP 6
6b Buku pelajaran yang dicetak oleh penerbit dan berISBN 3
6c Buku pelajaran yang dicetak oleh penerbit tetapi belum ber ISBN 1
7 Modul / Diktat Pembelajaran per semester 7a Modul/diktat yang digunakan tingkat propinsi 1,5
7b Modul/diktat yang digunakan tingkat kabupaten/ kota 1
7c Modul/diktat yang digunakan tingkat sekolah/madrasah 0,5
8 Buku Dalam Bidang Pendidikan 8a Buku dalam bidang pendidikan yang dicetak oleh penerbit dan ber ISBN 3
8b Buku dalam bidang pendidikan yang dicetak oleh penerbit tetapi belum ber ISBN 1,5
9 Karya Terjemahan 9a Karya hasil terjemahan 1
10 Buku Pedoman Guru 10a Buku Pedoman Guru 1,5

Macam Jenis Publikasi untuk setiap jenjang penilaian sebagai berikut :
Dari pangkat/ golongan Ke pangkat/ golongan Angka kredit publikasi ilmiah dan/karya inovatif Macam publikasi ilmiah yang wajib ada
Penata Pertama golongan IIIa Guru Pertama golongan IIIb – –
Guru Pertama golongan IIIb Guru Muda golongan IIIc 4 (empat) Bebas pada jenis karya publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif
Guru Muda golongan IIIc Guru Muda golongan IIId 6 (enam) Bebas pada jenis karya publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif
Guru Muda golongan IIId Guru Madya golongan IVa 8 (delapan) Minimal terdapat 1 (satu) laporan hasil penelitian (kode 2e)
Guru Madya golongan IVa Guru Madya golongan IVb 12 (dua belas) Minimal terdapat 1 (satu) laporan hasil penelitian (kode2e) dan satu (1)

Artikel yang dimuat di jurnal ber ISSN (2b,2c,atau 2d)
Guru Madya golongan IVb Guru Madya golongan IVc 12 (dua belas Minimal terdapat 1 (satu) laporan hasil penelitian (kode2e) dan satu (1)

Artikel yang dimuat di jurnal ber ISSN (2b,2c,atau 2d
Guru Madya golongan IVc Guru Utama golongan IVd 14 (empat belas) Minimal terdapat 1 (satu) laporan hasil penelitian (kode2e) dan 1 (satu)

Artikel yang dimuat di jurnal ber ISSN (2b,2c,atau 2d dan 1 (satu) buku pelajaran atau buku pendidikan yang ber ISSN (6a, atau 6b)
Guru Utama golongan IVd Guru Utama golongan IVe 20 (dua puluh) Minimal terdapat 1 (satu) laporan hasil penelitian (kode2e) dan 1 (satu)

Artikel yang dimuat di jurnal ber ISSN (2b,2c,atau 2d dan 1 (satu) buku pelajaran atau buku pendidikan yang ber ISSN (6a, atau 6b)

Bagaimana mempuplikasikan laporan PTK ?
Berdasarkan pada Pernennaegpan dan RB Nomer 16 tahun 2009, PTK dapat dipublikasikan dalam 3 bentuk yaitu:
1. Buku : publikasi bentuk buku adalah berupa buku yang berisi laporan hasil penelitian yang diterbitkan/ dipublikasikan dalam bentuk buku ber ISBN dan telah mendapat pengakuan BNSP. Nilai angka kreditnya 4.
2. Artikel Ilmiah pada majalah ilmiah/jurnal ilmiah : laporan hasil penelitian yang disusun menjadi artikel ilmiah diterbitkan/dipublikasikan dalam majalah ilmiah/jurnal ilmiah yang diedarkan secara nasional dan terakreditasi (angka kredit 3), atau jurnal ilmiah tingkat propinsi (angka kredit 2) atau jurnal ilmiah tingkat kabupaten/kota (angka kredit 1).
3. Makalah laporan hasil penelitian : berupa makalah yang telah diseminarkan di sekolah/madrasahnya dan disimpan di perpustakaan (angka kredit 4).
Bagaimana Kerangka Isi Publikasi Ilmiah PTK
1. Bagian Awal terdiri dari (a) hlaman judul, (b) lembar peersetujuan dan pernyataan dari Kepala Sekolah yang menyatakan keaslian tulisan dari penulis, (c) Pernyataan dari perpustakaan yang menyatakan bahwa makalah tersebut telah disimpan di perpustakaan sekolah/madrasah , (d) pernyataan keaslian tulisan yang dibuat dan ditandatangani oleh penulis, (e) kata pengantar, (f) daftar isi (bila ada daftar tabel, daftar gambar dan daftar lampiran), (g) abstraksi/ ringkasan
2. Bagian Isi pada umumnya terdiri dari beberapa bab :
A. Bab I : pendahuluan yang menjelaskan tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat.
B. Bab II : Kajian/ Tinjauan Pustaka yang berisi uraian tentang kajian teori/ pustaka yang berkesesuaian dengan permasalahan yang dikaji. Juga kajian teori yang berkaitan dengan macam tindakan yang akan dilakukan, proses tindakan, ketepatan dan kesesuaian tindakan dengan tujuan yang diharapkan terjadi dengan adanya tindakan tersebut.
C. Bab III Metode penelitian yang menjelaskan tentang prosedur penelitian (terutama prosedur diagnosis masalah, penjelasan rinci tentang perencanaan dan pelaksanaan tindakan, prosedur observasi dan evaluasi ,prosedur refleksi, serta hasil penelitian).
D. Bab IV Hasil penelitian dan pembahasan serta mengemukakan gambaran tentang pelaksanaan tindakan, dimulai dari setting atau pengaturas siswa, penjelasan umum jalannya pembelajaran diikuti penjelasan siklus demi siklus . Akhir dari bab ini adalah pembahasan, yaitu pendapat peneliti tentang bagaimana keunggulan pembahasan , yaitu pendapat peneliti tentang bagaimana keunggulan dan kelemahan dari tindakan serta kemungkinannya untuk diterapkan lagi untuk memperoleh gambaran model tindakan ini sebagai metode mengajar yang dipandang kreatif dan inovatif.
E. Bab V Simpulan dan saran
3. Bagian Penunjang : umumnya terdiri dari daftar pustaka dan lampiran. Lampiran utama yang harus disertakan :
A. Semua instrumen yang digunakan untuk mengukur proses pembelajaran yang berupa (a) isian lembar observasi, (b) isian pengamatan tentang aktivitas kelas (c) isian atau check list tentang aktivitas siswa.
B. Semua instrumen yang Telah diisi dan divalidasi yang dipergunakan untuk pengukuran hasil belajar, seperti test , angket, wawancara dll.
C. Semua dokumen yang memberikan bukti bahwa PTK tersebut telah dilakukan sesuai dengan rencana, antara lain : ijin kepala sekolah, daftar hadir siswa, catatan harian kegiatan, rancangan pembelajaran, bahan – bahan ajar, foto – foto kegiatan yang menginformasikan pelaksanaan kegiatan pembelajaran dll.
D. Semua dokumen yang membuktikan bahwa PTK telah diseminarkan di sekolahnya . Lampiran ini harus ada (a) berita acara seminar, (b) daftar hadir peserta , (c) keterangan dari kepala sekolah, (d) foto – foto, (e) makalah ringkasan/ power point.
Penyebab PTK ditolak :
1. Tidak jelas apa , bagaimana, dan mengapa kegiatan tindakan yang dilakukan, juga tidak jelas bagaimana peran hasil evaluasi dan refleksi pada penentuan siklus – siklus berikutnya.
2. Berupa laporan pembelajaran yang biasa . tahapan dalam siklus sama dengan tahapan biasa. PTK bukan pembelajaran biasa tetapi merupakan proses mencoba dan menganalisis penggunaan metode baru yang diutamakan bukan hanya hasil tapi prosesnya.
3. Metode penelitian belum mengemukakan tahapan dan tindakan tiap siklus dan indikator keberhasilannya, pada laporan hasil dan pembahasan belum melaporkan data lengkap tiap siklus, perubahan yang terjadi pada siswa atau lampiran – lampiran belum lengkap.
4. Tidak terdapat uraian tentang pelaksanaan tindakan dan perubahan yang terjadi pada setiap siklus.
5. Belum melampirkan secara lengkap berbagai macam dokumen yang mampu meyakinkan bahwa penelitian tersebut telah dilakukan sesuai dengan apa yang dilaporkan.
6. Tidak sesuai pedoman penulisan
7. KTI bukan buatan sendiri.

Daftar Pustaka :
Suhardjono, Suparno, Supriadi, Abdul Azis Husein (2013), Publikasi Ilmiah dalam
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Malang, Cakrawala Indonesia
Suhardjono, 24 Tanya Jawab PTK sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru,makalah,
Peningkatan kompetensi dan Profesional Guru, Maret 2014

Diterbitkan oleh

leoniya (nining)

guru TK yang selalu ingin berbagi tentang pendidikan anak usia dini, semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s